Home Tips dan Trik 4 Cara Tepat untuk Menentukan Bola Futsal yang Kualitasnya Bagus

4 Cara Tepat untuk Menentukan Bola Futsal yang Kualitasnya Bagus

by Chloe Hughes

Suka bermain futsal? Kalau iya, pertimbangkan untuk membeli bola futsal sendiri supaya lebih nyaman dan leluasa setiap kali bermain. Futsal merupakan jenis olahraga bola yang sekilas mirip dengan sepakbola hanya saja dilakukan dalam liga kecil. Jumlah pemain adalah 6 orang di masing-masing tim sementara untuk sepakbola ada 11 pemain. Selain itu futsal juga dilakukan di dalam ruangan sehingga banyak orang membuka usaha arena futsal untuk disewakan per jam. Bagi yang doyan dengan olahraga bola satu ini dijamin akan sering berkunjung

Memilih Bola yang Tepat untuk Futsal

Bermain futsal secara rutin berdampak baik bagi kesehatan dan perbaikan terhadap postur tubuh supaya lebih menarik. Anda yang ingin rutin melakukan olahraga ini bisa menyediakan bola khususnya di rumah, dan tentukan pilihan setelah menyimak tips di bawah ini:

  • Memilih ukuran yang sesuai,

Meskipun bola untuk olahraga futsal lumayan banyak pilihannya namun tidak semuanya memiliki ukuran yang seragam. Beda merek kadang beda pula jenis bahan yang dipakai sekaligus ukurannya, dan untuk ukuran baiknya memilih yang tepat, sebab ukuran tertentu lebih cocok dipakai oleh anak-anak.

  • Bahan pada permukaan bola,

Bahan pada bola futsal juga perlu diperhatikan karena di pasaran terdapat dua pilihan, yang pertama berbahan PU. Bahan ini cenderung lebih awet dan lebih elastis sehingga cocok untuk pemakaian jangka panjang meskipun cenderung lebih berat. Sementara opsional kedua adalah berbahan dasar PVC, meski sama-sama terbuat dari karet sintetis namun karakternya berbeda. Bahan PVC cenderung lebih keras sehingga lumayan awet dan tahan terhadap air, cocok untuk daerah yang iklimnya dingin.

Baca Juga:Jangan Salah Pilih Antara Bola Futsal dan Bola untuk Sepakbola, Gunakan Tips Berikut!

  • Proses pembuatan bola tersebut,

Pemilihan bola untuk olahraga futsal memang baiknya disesuaikan dengan tujuan pemakaiannya, supaya bisa memilih jenis yang tepat. Jenis ini tidak hanya dibedakan oleh bahan yang digunakan melainkan juga proses pembuatan bola tersebut. Informasinya akan tertera pada beberapa kalimat di dalam bola yang dibeli tersebut. Beberapa dibuat dengan jahitan tangan untuk pola di atas bola tersebut sehingga lebih halus, namun kalah murah dengan bola yang di press dengan mesin. Press mesin membuat teksturnya lebih kasar dan juga keras.

  • Teliti terhadap kondisi bola yang akan dibeli,

Kondisi bola untuk futsal juga wajib dicek, sebab sebagaimana produk buatan tangan manusia tentu akan dijumpai beberapa cacat. Anda yang akan membelinya perlu memperhatikan bentuk lingkarannya apakah sempurna atau ada sisi yang cenderung berbelok atau bengkok. Kemudian pastikan rapat dan jahitannya pun bagus untuk mencegah bola ini tiba-tiba pecah atau bocor karena sering kena tendangan. Semakin teliti Anda memeriksa kondisi bola futsal tersebut semakin mudah mendapatkan yang bagus, sehingga tidak rugi sudah keluar uang.

Baca Juga:   Optimalkan Baju Zumba Anda untuk Olahraga Maksimal

Artikel Lainnya

1 comment

frolep rotrem October 28, 2020 - 9:33 am

I do consider all the ideas you have presented for your post. They’re very convincing and will certainly work. Nonetheless, the posts are too short for starters. Could you please extend them a little from subsequent time? Thanks for the post.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More