Home Tips dan Trik 4 Langkah Perawatan Bola Basket Agar Selalu Bersih dan Awet

4 Langkah Perawatan Bola Basket Agar Selalu Bersih dan Awet

by Chloe Hughes

Olahraga dengan mengandalkan sarana yaitu bola biasanya selalu dimainkan secara berkelompok da tak bisa dimainkan sendiri, contohnya adalah sepak bola, futsal, sepak takraw dan juga basket. Jenis olahraga yang mengkonsepkan banyak gerakan, mulai dari berlari, menendang dan yang lainnya. Sebagian banyak diantara anak muda lebih menggemari olahraga semacam ini, karena selain menyehatkan juga bisa sangat menantang adrenalin beradu dengan kelompok yang lainnya. Salah satu diantaranya adalah permainan bola basket.

Sebagian banyak pastinya sudah sangat mengenal olahraga tersebut, mengadu kecepatan, ketangkasan dan juga kelincahan untuk bisa menjebol lawan. Kenyataannya jenis olahraga ini juga tak membutuhkan terlalu banyak sarana untuk memainkannya, cukup dengan sebuah lapangan, dilengkapi dengan adanya net dan juga bola basket. Jenis bola yang digunakan untuk olahraga ini agak berbeda dibandingkan dengan olahraga lainnya, mulai dari ukuran hingga tekstur, lebih ditonjolkan kemampuannya untuk memantul, sehingga bisa aman dimainkan.

Hanya saja tak memungkiri jika seandainya bola tersebut juga sangat mudah mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik, meskipun pada dasarnya termasuk bola yang kuat. Berikut ini setidaknya ada beberapa tips perawatannya:

  1. Boleh dibersihkan, namun jangan merendamnya di dalam air. Kenyataannya sering kali karena terlalu sering digunakan, apalagi pada kondisi media yang berair maka wujud bola akan sangat kotor, pastinya tidak akan nyaman digunakan, untuk itu perlu dilakukan pencucian sebelumnya, Anda bisa mencucinya secara mudah menggunakan air, namun pastikan jangan sampai merendamnya, karena air bisa ikut masuk dari lubang udara.
  2. Khusus untuk penyimpanannya sebaiknya dilakukan dengan cara menggantung, siapkan keranjang khusus wadah bola tersebut kemudian masukkan ke dalamnya, dengan digantung ini berfungsi untuk meminimalkan kerusakan karena ditendang-tendang maupun berjamur, karena kondisi ruangan di bagian bawah terkadang lembab. Pastikan juga menempatkannya di ruangan yang kering dan bersih.
  3. Hendaknya jangan menindih bola tersebut, untuk apapun, biasanya sering kali ketika selesai latihan dan bersantai maka bola akan dipakai sebagai tempat duduk, hal ini tidak dianjurkan, karena bagaimanapun kekuatannya, maka jika sering kali di tindih ada kemungkinan beberapa bagian mengalami retak hingga mempengaruhi bentuk bola tersebut.
  4. Pastikan tekanan udara dalam kondisi yang tepat sebelum menggunakan bola tersebut, jika kurang angin maka dapat dipompa atau ditambah kembali. Karena bola yang lembek jika terlalu sering digunakan bisa merusak permukaan kulitnya.

Itulah 4 cara mudah perawatan bola basket Anda sehingga tidak gampang rusak, hendaknya ketika membeli juga pilah-pilih produk yang benar-benar berkualitas dari beberapa merk terkenal, karena ini akan sangat mempengaruhi kualitas dan ketahanannya. Bermain basket tentunya akan lebih nyaman jika menggunakan sarana yang tepat.

 

Baca Juga:   Padu-padan Kaos Kaki Secara Tepat dengan Sepatu dan Busana yang Dikenakan

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More