5 Cabang Olahraga Populer yang Memiliki Penggemar Terbanyak di Dunia

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang melatih tubuh kita agar tetap bergerak sehingga menjadikannya lebih sehat dan kuat, baik secara jasmani ataupun rohani. Selain hobi, olahraga juga bisa Anda jadikan gaya hidup yang baik dilakukan secara rutin demi menyehatkan tubuh.

5 Cabang Olahraga Populer yang Memiliki Penggemar Terbanyak di Dunia

Di kejuaraan olahraga internasional olimpiade sendiri, setidaknya terdapat 54 cabang olahraga yang dipertandingkan. Namun, hanya beberapa cabang olahraga populer saja yang mendapatkan perhatian. Berikut ini ada beberapa olahraga paling populer di dunia yang dikategorikan berdasarkan jumlah penggemarnya.

Sepak Bola

Jika ada cabang olahraga yang memiliki jumlah penggemar terbanyak di dunia maka jawabannya tak lain adalah sepak bola. Tak main-main, olahraga populer ini bahkan memiliki jumlah penggemar yang mencapai 3,5 miliar orang atau setara dengan setengah dari jumlah penduduk di muka Bumi ini. Aturan main olahraga ini adalah dua tim berlawanan yang masing-masih memiliki jumlah pemain sebanyak 11 orang dan tim yang memasukkan bola ke gawang lawan (Gol) dengan jumlah paling banyak keluar sebagai pemenangnya.

Kriket

Urutan kedua ada cabang olahraga kriket penggemar sebanyak 2,5 miliar orang. Namun, jumlah penggemar tersebut kebanyakan dari negara-negara persemakmuran Inggris seperti Inggris, Australia, Selandia Baru, India, Pakistan, Sri Lanka, Afrika Selatan dan Zimbabwe. Olahraga populer ini mempertandingkan dua tim yang berlawanan dengan masing-masing tim berjumlah 11 orang pemain.

Hoki (Hockey)

Umumnya, olahraga Hockey atau Hoki ini terdiri 3 jenis, yaitu Field Hockey yang bermain di lapangan outdoor atau luar ruangan, Indoor Hockey yang bermain di lapangan Indoor atau dalam ruangan dan Ice Hockey yang bermain di lapangan Es. Diperkirakan jumlah penggemar olahraga populer ini mencapai 2 miliar orang yang kebanyakan dari berbagai negara bekas koloni Inggris seperti Australia, India dan Pakistan. Sama halnya dengan olahraga kriket, Hockey juga mempertandingkan tim-tim yang berlawanan, di mana tim yang memukul bola dan menghasilkan gol paling banyak dinyatakan sebagai pemenang.

Tennis

Olahraga populer selanjutnya adalah Tennis yang merupakan olahraga yang terdiri dari dua pemain (tunggal) atau dua pasangan (ganda) dengan menggunakan perlengkapan raket dan bola karet. Aturan main olahraga ini adalah memainkan bola dengan cara tertentu agar pemain lawan tidak dapat mengembalikan bola yang dipukul. Diperkirakan jumlah penggemar olahraga tersebut mencapai angka sekitar 1 miliar orang. Ada beberapa turnamen Tennis bergengsi kelas dunia seperti Wimbledon, Australian Open, US Open, dan French Open.

Bola Voli

Cabang olahraga populer yang juga memiliki penggemar terbanyak adalah bola voli. Diperkirakan jumlah penggemar Bola Voli sebanyak 900 juta orang yang kebanyakan datang dari Brasil, Kuba, Filipina, Italia, Rusia dan Singapura. Aturan main olahraga ini cukup mudah, dimana dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain akan bertanding dan tim yang pertama mencapai skor 25 dinyatakan sebagai pemenang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *