5 Fakta Dibalik Jersey Bola Pemain World Cup

Piala dunia 2018 diwarnai oleh beberapa hal salah satunya ialah aneka desain dan warna baju jersey para pemainnya. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa Apa yang Anda lihat sebagai seragam tim tersebut bukanlah baju olahraga biasa yang dijual pada umumnya. Apa yang membedakannya? berikut 5 fakta di balik jersey bola World Cup 2018.

5 Fakta Dibalik Jersey Bola Pemain World Cup

Mayoritas tim World Cup 2018 difasilitasi sponsor utama

Brand besar seperti Nike, Adidas dan Puma selalu ada sebagai sponsor utama. Tidak hanya para pemainnya, perusahaan sponsor tim juga berusaha bersaing agar teknologinya yang diterapkan pada seragam dan perlengkapan tim yang paling unggul. Mereka berusaha memastikan produknya dapat meningkatkan performa setiap anggota tim.

Teknologi sirkulasi udara yang sangat baik dilengkapi kemampuan menyerap keringat

Umumnya sirkulasi udara yang ada pada jersey bola lancar karena dilengkapi sistem jaring (mesh) yang sangat kecil. Teknik jahitan tumpukan khusus memungkinkan Temperatur panas dan terik matahari sekaligus dingin tidak menembus ke tubuh. Secara bersamaan panas tubuh mampu keluar dengan lebih mudah ketika panas maupun saat masih tersimpan dalam temperatur dingin. Fitur lain yang sudah umum diketahui ialah kemampuan efektif menyerap keringat.

Teknologi memijat otomatis (micro-massage) para pemain yang mengenakannya

Baju jersey dilengkapi Teknologi kompresi khusus untuk mengurangi getaran otot yang tidak perlu. Kompresi tersebut berguna untuk pemulihan stamina. Penempatan “Plester” kompresi pada beberapa bagian strategis jersey mampu memijat otomatis otot pemain seiring mereka bergerak. Hal tersebut membantu suplai energi pada otot-otot yang digunakan.

Sistem ventilasi yang ada pada jersey bola saat ini juga lebih optimal. Tak hanya mencegah kusut atau rusaknya bahan, Teknologi pengaturan kelembaban dan keringat juga semakin anti-bakteri. Fitur tersebutlah yang berperan memastikan badan utama pemain tetap kering sejak pemanasan hingga pertandingan selesai.

Peningkatan lain pada jersey saat ini ialah lebih ringan. Hal ini memang tidak berpengaruh pada orang awam namun bagi pemain sangat berpengaruh mengingat mereka harus memforsir tubuh lebih dari 90 menit. Cidera-cidera yang sering dialami para pemain sebelumnya membuat kontur baju jersey dikostumisasi sesuai badan tiap pemain.

Salah satu bahan pembuatnya ialah polimer hasil daur ulang botol plastik

Beberapa jersey memanfaatkan daur ulang botol plastik sebagai salah satu bahan pembuatan. Diketahui bahwa satu pasang jersey setidaknya menggunakan 18 botol plastik. Namun inovasi ini tidak sepenuhnya digunakan. Penerapan ini dipilih sebagai solusi masalah cidera yang sering terjadi pada pemain seperti sliding.

Faktor psikologis pada pemilihan bahan dan sistem produksi

Teknologi baju jersey tidak hanya diterapkan pada pemilihan bahan dan sistem produksi, tetapi juga berdasarkan faktor psikologis di baliknya. Psikologis pemain agar dapat beraksi lebih baik dipengaruhi oleh kenyamanan. Selain itu, pemilihan warna dan kesesuaian corak dengan adat asal pemain juga berpengaruh pada semangat mereka. Sehingga tiap jersey negara juga diproduksi setelah mempertimbangkan aspek psikologis pemain agar energi mereka bertambah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *