Home Tips dan Trik 5 Jenis Olahraga Ekstrem Paling Berbahaya di Dunia

5 Jenis Olahraga Ekstrem Paling Berbahaya di Dunia

by Chloe Hughes
5 Jenis Olahraga Ekstrem Paling Berbahaya di Dunia

Seperti yang kita ketahui, manusia berolahraga untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan bugar. Sebagai contoh, Anda bisa melakukan lari pagi atau lari sore untuk menghasilkan keringat guna menjaga stamina tubuh agar tetap fit sepanjang hari. Selain tidak memakan biaya, olahraga-olahraga tersebut juga tidak membahayakan. Namun, bagaimana jika ada olahraga yang dapat mengancam keselamatan Anda? Berikut beberapa jenis olahraga ekstrem di dunia yang pernah dilakukan manusia, antara lain:

5 Jenis Olahraga Ekstrem Paling Berbahaya di Dunia

  1. Panjat Tebing

Panjat tebing merupakan salah satu olahraga ektrem yang menuntut kesehatan jasmani dan rohani. Meskipun Anda memiliki fisik yang kuat, akan tetapi memiliki mental yang lemah, maka tidak disarankan bagi Anda untuk mencoba olahraga ini. Anda memiliki fisik yang sempurna, namun memiliki phobia ketinggian juga tidak akan membuat Anda berhasil memanjat tebing-tebing tersebut. Selain dituntut memiliki kebugaran jasmani dan kesiapan mental, olahraga ini juga menuntut kecerdasan saat sedang mendaki tebing-tebing curam tersebut guna menghindari risiko fatal yang mengancam keselamatan Anda.

  1. Surfing

Surfing atau berselancar juga merupakan salah satu olahraga ekstrim yang banyak digemari oleh masyarakat dunia, dimana olahraga ini berhubungan erat dengan kelincahan dan ketepatan waktu. Umumnya, para surfer akan mendayung papan selancarnya menuju ombak yang memiliki ketinggian mencapai 20 kaki atau 6,2 meter dan kemudian memulai aksi surfing nya. Anda juga perlu cermat dan teliti dalam memilih ombak. Ditambah lagi, Anda harus pandai dalam memilih ukuran papan, sebisa mungkin sesuaikan dengan ukuran ombak rata-rata di lokasi Anda berolahraga tersebut.

  1. Parkour

Parkour  merupakan salah satu olahraga ekstrem yang sedang populer saat ini. Olahraga ini sangat mengutamakan kekuatan fisik dan kreativitas spontan. Parkour bisa juga dikatakan tergolong sebagai seni gerak di mana Anda akan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya secara cepat. Sebagai contoh, jika Anda sedang berada di gedung lantai 6, Anda bisa turun ke lantai dasar hanya dengan waktu singkat dengan melakukan gerak parkour ini. Diperlukan ekstra hati-hati untuk melakukan olahraga ini, karena jika Anda salah gaya melompat saja dapat mengakibatkan kepala bocor, retak pada tulang, bahkan gegar otak dan kematian.

  1. Sand boarding
Baca Juga:   Berbagai Manfaat Melakukan Olahraga Renang Secara Rutin

Sandboarding adalah olahraga berseluncur di pasir. Olahraga yang satu ini mirip dengan snowboarding, namun berbeda medan saja yaitu di pasir. Trik yang digunakan pun hampir sama dengan snowboarding, akan tetapi perlengkapan olahraga yang dibutuhkan tak sebanyak snowboarding. Risiko nya juga hampir sama dengan snowboarding yaitu dapat mengalami patah tulang dan sesak napas karena banyak menghirup udara pasir.

  1. Mountain Biking

Mountain biking atau bersepeda gunung memang terdengar seperti layaknya olahraga santai pada umumnya. Namun siapa sangka jika mountain biking ini off-road, yaitu melewati medan yang ekstrem dan penuh rintangan. Tentunya sepeda yang digunakan juga sepeda khusus. Risiko olahraga ekstrem ini yaitu patah tulang.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More