5 Olaharaga Tradisional Indonesia yang Diperlombakan di Ajang Nasional dan Internasional

Olahraga seperti sepakbola, voli, basket atau bulu tangkis sudah dikenal luar oleh masyarakat dunia. Namun, rupanya Indonesia juga memiliki olahraga khas yang tak kalah serunya. Olahraga tradisional Indonesia ini bahkan bukan sekadar olahraga permainan, namun olahraga yang bisa melatih tubuh secara jasmani dan rohani.

5 Olaharaga Tradisional Indonesia yang Diperlombakan di Ajang Nasional dan Internasional

Hal yang membuatnya berbeda dari olahraga pada umumnya, olahraga tradisional ini lahir dari tradisi dan kebudayaan masyarakat asli Indonesia. Untuk itu, sebagai bangsa yang bangga dengan kekayaan budayanya, kita wajib menjaga olahraga tradisional kita dari klaim negara-negara tetangga. Berikut ini ada beberapa olahraga tradisional Indonesia yang sudah dipertandingkan di ajang nasional maupun internasional

Pencak Silat

Olahraga pertama yang merupakan asli dari Indonesia adalah Pencak Silat yang diperkirakan muncul pertama kali pada abad ke-7 Masehi. Di masa kerajaan dahulu, seperti kerajaan Majapahit dan Sriwijaya banyak pendekar yang lihai dalam melakukan bela diri ini. Hal tersebut terbukti dari adanya artefak senjata pada masa Hindu-Budha dan relief posisi kuda-kuda silat yang terpampang jelas pada dinding Candi Prambanan dan Borobudur. Olahraga tradisional Indonesia ini  masih eksis hingga sekarang , bahkan yang membuat kita patut bangga karena Pencak Silat masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang Internasional, seperti di ajang Asian Games 2018 belum lama ini.

Sepak Takraw

Selanjutnya adalah olahraga Sepak Takraw yang merupakan olahraga tradisional Indonesia yang kini mulai dikenal oleh masyarakat luas. Meski sempat diklaim oleh beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Laos dan Filipina, olahraga ini nyatanya berasal dari Sulawesi Selatan dan pertama kali ditemukan pada abad ke-15 ketika masa Kesultanan Melay. Sama halnya dengan pencak silat, sepak takraw juga menjadi cabang olahraga yang diperlombakan pada pesta olahraga terbesar di Asia, yakni Asian Games 2018.

Pacu Jalur

Pacu Jalur merupakan olahraga tradisional Indonesia  yang menggunakan perahu dayung sepanjang 25-40 meter dengan memutar awak mulai dari 40 sampai 60 orang. Mulanya, olahraga asal Riau ini diselenggarakan di kampung-kampung sepanjang Sungai Kuantan dalam rangka memperingati hari besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW atau Tahun Baru Muharam. Namun, seiring popularitasnya yang semakin naik, olahraga tradisional ini sudah masuk ke dalam event tahunan nasional, yakni festival pacu jalur yang digelar setiap tanggal 23-26 Agustus.

Tarung Derajat

Olahraga tradisional Indonesia berikutnya adalah Tarung Drajat yang pertama kali dikenalkan oleh Ahmad Drajat di Bandung. Olahraga yang dikembangkan tahun 1990-an ini bahkan sudah resmi menjadi cabang olahraga nasional dan juga menjadi pelatihan dasar bagi Tentara Nasional Indonesia.

Karapan Sapi

Terakhir ada Karapan Sapi yang merupakan olahraga tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Madura. Pagelaran Karapan Sapi tak pernah gagal dalam menyedot perhatian ribuan pengunjung. Bahkan dari pengunjung dari luar negeri sekalipun kerap terlihat menikmati pagelaran ini. Selain dijadikan ajang pesta rakyat, karapan sapi juga dipertandingkan untuk memperebutkan Piala Bergilir Presiden. Pertandingan besar ini rutin diadakan setiap akhir bulan September atau Oktober.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *