7 Alasan Mengapa Olahraga Renang Mampu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat Ketimbang Gym

Bagi Anda yang merasa kurang percaya diri dengan bentuk serta bobot badan, Anda bisa melakukan program diet yang baik dan benar. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, memang butuh proses. Salah satu cara yang efektif dan menyehatkan yaitu dengan berolahraga. Salah satunya olahraga renang yang mampu menurunkan berat badan lebih baik dan cepat ketimbang gym. Adapun beberapa alasan yang mampu menjelaskan pernyataan tersebut antara lain.

7 Alasan Mengapa Olahraga Renang Mampu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat Ketimbang Gym

 

  • Renang Sangat Bagus untuk Persendian

 

Saat sedang berenang, gravitasi mampu dinetralisir oleh air sehingga ketika Anda tenggelam tubuh akan terasa lebih ringan. Selain itu, olahraga renang juga membantu sendi untuk beristirahat. Olahraga yang satu ini juga tidak berbahaya dan tidak menimbulkan luka seperti olahraga lain pada umumnya.

 

  • Membuat Anda Awet Muda

 

Berdasarkan penelitian, perenang yang berusia 20 tahun akan tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya. Mengapa demikian? American College of Sports Medicini Conference sempat mengungkapkan, jika tekanan darah peramal, system saraf pusat, system kardiovaskular, kadar kolesterol, dan lainnya sangat mudah dibandingkan dengan seseorang yang tidak gemar berenang. Jika ingin awet muda, silakan coba olahraga ini ya.

 

  • Waktu yang Diperlukan Untuk Menurunkan Berat Badan

 

Waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan bobot badan adalah tergantung pada berat orang itu sendiri. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengungkapkan jika ada baiknya seseorang melakukan olahraga renang sekurang-kurangnya selama 2 jam 30 menit setiap minggu. Jumlah kalori yang mampu dihilangkan oleh olahraga ini yaitu berkisar 3.500 kalori atau setara dengan setengah kilogram.

 

  • Latihan Kardiovaskular Terbaik

 

Olahraga renang adalah salah satu aktivitas yang banyak memanfaatkan kekuatan otot tubuh untuk bekerja. Paru-paru dan jantung dipacu untuk bekerja dengan keras supaya mampu memasok oksigen sebanyak mungkin, sehingga olahraga ini sangat baik untuk melatih system kardiovaskular Anda.

 

  • Gaya yang Berbeda

 

Disarankan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan melalui olahraga renang, Anda harus mengubah gaya saat sedang berenang. Gaya renang yang berbeda-beda juga mampu membakar kalori dalam jumlah yang berbeda pula. Selain itu, juga perlu diperhatikan mengenai durasi renang nya.

 

  • Gaya Kupu-kupu

 

Gaya renang yang satu ini merupakan gaya yang paling susah diterapkan. Namun, jika Anda sudah bisa menguasainya proses pembakaran kalori dengan gaya ini jauh lebih baik dan cepat. Kurang lebih 150 kalori dalam waktu 10 menit, gaya ini mampu menurunkan berat seseorang yang berkisar 72 kg.

 

  • Gaya Bebas

 

Selanjutnya, gaya renang yang satu ini juga cukup baik dalam proses pembakaran lemak. Selain tergolong mudah diterapkan, gaya ini juga lebih populer ketimbang gaya yang lainnya. Orang yang memiliki bobot sebesar 58 kilogram diduga mampu membakar 590 kalori jika menggunakan gaya ini selama satu jam.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *