7 Sarana Penting yang Harus Dipersiapkan untuk Bermain Bola Volley

Permainan bola volley memang tergolong sebagai jenis olahraga berkelompok yang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya adalah orang dewasa. Olahraga yang mengandalkan kekuatan tangan dan juga kecepatan dalam merespon ini memberikan banyak sekali manfaat dengan sering memainkannya, tidak hanya untuk kesehatan saja, melainkan juga manfaat lain dalam berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang lain. Di Indonesia olahraga ini sudah jadi salah satu jenis permainan keluarga yang sering kali dilakukan kala waktu senggang.

 7 Sarana Penting yang Harus Dipersiapkan untuk Bermain Bola Volley

Untuk bisa bermain olahraga yang satu ini, tentunya ada serangkaian jenis perlengkapan yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah:

  1. Lapangan, lapangan untuk olahraga voli agak berbeda dibandingkan dengan lapangan olahraga yang lainnya, karena ukurannya terbilang sedang atau tidak begitu luas, biasanya memiliki ukuran 9 x 18 meter, ini sudah menjadi ukuran standard permainan tersebut dapat dilakukan. sedangkan jarak antara pemain belakang dan juga garis tengahnya adalah 3 meter.
  2. Jaring atau net, sama halnya dengan olahraga badminton, maka voli ini nantinya juga akan dibekali dengan sebuah jaring atau net yang dijadikan sebagai pemisah antara kubu yang satu dengan kubu yang lainnya, juga jadi bagian yang sangat penting dipakai untuk menilai atau menentukan skor antara kedua buah tim. Sedangkan untuk ketinggiannya sendiri beragam. Pada pemain wanita menggunakan 2, 24 m, sedangkan untuk pemain pria sedikit lebih tinggi yaitu 2,43 meter.
  3. Bola volley, bola adalah senjata utama dalam bermain voli, namun tentunya jenis yang digunakan berbeda dengan bola sepak atau basket , karena memang ukuran bolanya lebih kecil dan juga bobot yang lebih ringan, namun dibuat dari kulit berkualitas. Biasanya berat bola voli ini antara 250 hingga 280 gram saja.
  4. Jersey voli, bagian yang harus dipersiapkan dari setiap regu sendiri untuk membedakan antara tim yang satu dengan tim yang lainnya adalah jersey atau seragam bermain voli tersebut, di pasaran umumnya banyak sekali yang menjualnya, namun untuk nama tim masing-masing kebanyakan lebih senang membuatnya sendiri.
  5. Sepatu, ada beberapa merk sepatu terkenal yang juga mengeluarkan produk alas kaki yang digunakan untuk bermain voli, namun jika hanya sekedar pertandingan senang-senang, bukan turnamen atau sejenisnya, sebenarnya tetap aman bagi Anda untuk menggunakan sepatu olahraga biasa.
  6. Pelindung jari, karena terkadang ruas jari-jari tangan mudah lecet atau terluka saat melakukan blocking, maka bagi pemain dianjurkan untuk menggunakan alat yang satu ini, bisa dijumpai dengan mudah di toko perlengkapan olahraga.
  7. Elbowpad dan kneepad, pelindung siku dan juga lutut yang digunakan untuk mencegah cidera saat terjadi kecelakaan ketika sedang bermain.

Setelah 7 macam perlengkapan bermain bola volley tersebut siap, maka bisa langsung melakukan permainan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *