Apa Saja Fungsi dari Sepatu Basket Sehingga Wajib Dipakai?

Merasa memiliki ketertarikan sekaligus bakat untuk beradu di lapangan bola basket maka tidak ada salahnya berlatih secara profesional. Anda bisa memulainya dengan masuk ke tim basket di sekolah ataupun kampus, untuk melatih kecakapan dalam mengambil bola basket dari lawan. Supaya nyaman dan aman berlaga di lapangan kenakan dulu sepatu basket dan atribut lain yang diperlukan supaya menghindari hal-hal tidak diinginkan. Pasalnya olahraga seringan apapun memang tetap memberi resiko cedera apalagi yang memang menuntut tubuh banyak bergerak.

Apa Sih Fungsi Sepatu untuk Pebasket?

Atlit basket atau sebut saja pebasket selain diwajibkan untuk bermain dengan baik, yakni lihai dan sportif, juga dituntut untuk memakai perlengkapan olahraga satu ini. Salah satunya adalah sepatu yang didesain khusus bagi atlit basket. Fungsi dari sepatu ini bermacam-macam, berikut beberapa diantaranya:

  • Membuat langkah kaki semakin ringan,

Sepatu olahraga, termasuk untuk basket, didesain secara khusus dengan bentuk mengikuti anatomi kaki sekaligus memakai bahan yang memang nyaman. Tujuannya selain sebagai alas kaki tentunya untuk membuat kaki terasa ringan sehingga mudah untuk berjalan maupun berlari di lapangan.

  • Menjadikan gerakan di lapangan semakin mudah,

Dalam olahraga basket ternyata ada berbagai gerakan unik yang hanya bisa ditemui saat memainkan olahraga satu ini. Salah satunya adalah pivot, yakni gerakan berputar dengan bertumpu pada satu kaki. Gerakan semacam ini sangat memerlukan support dari sepatu basket yang tepat agar kaki dan jari kaki tidak terluka ataupun cedera. Otomatis fungsi menarik dari sepatu khusus atlit basket ini adalah memudahkan gerakan atlit dalam merebut maupun mempertahankan bola di tangan.

  • Menghindari cedera saat bergerak di lapangan,

Sepatu dalam sebuah cabang olahraga memang memiliki desain yang khas, sepatu untuk pelari sudah tentu berbeda dengan pemain futsal dan sebagainya. Tentunya ada maksud di dalamnya, dan salah satunya sebagai bentuk perlindungan terhadap tubuh para pemain atau atlit. Dikatakan demikian karena memang seorang atlit atau pemain menjadikan tubuhnya sebagai aset. Sepatu misalnya, tidak bisa dipilih asal karena punya fungsi untuk melindungi tubuh ketika beradu atau bermain. Sehingga menghindari resiko cedera serius terlebih jika durasi permainan memang panjang.

  • Meningkatkan kenyamanan selama bermain,

Bermain basket baik sekedar untuk melepaskan penat maupun bermain dalam sebuah liga, tentu akan menikmati aktifitas di tengah lapangan sampai dua jam bahkan lebih. Tentunya para pemain memerlukan stamina terbaik dan untuk menjaga kenyamanan baiknya memakai sepatu terbaik. hindari memakai sepatu lari untuk bermain basket sebab punya desain beda dan tidak akan terasa nyaman. Bersama sepatu yang cocok maka dijamin permainan lebih luwes dan tidak akan pernah kehabisan tenaga, karena sepatu basket memang meningkatkan kenyamanan secara maksimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *