Berbagai Manfaat Melakukan Olahraga Renang Secara Rutin

Renang merupakan olah fisik yang mampu melatih semua kelompok utama tubuh dari bahu hingga kaki. Tak heran jika olahraga ini bisa memberi berbagai manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya dapat diperoleh para atlet atau perenang profesional, manfaat tersebut dapat diperoleh Seluruh kelompok usia terutama jika dilakukan secara rutin. Secara rinci, manfaat olahraga ini jika Anda lakukan secara rutin ialah sebagai berikut:

Berbagai Manfaat Melakukan Olahraga Renang Secara Rutin

Mencegah Berbagai Penyakit

Bukan hanya menyehatkan dan membuat tubuh bugar, melakukan olahraga ini secara teratur juga dapat mencegah munculnya penyakit stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Renang dijadikan opsi pilihan olahraga terbaik bagi penderita hernia nukleus pulposus dan radang sendi (arthritis). Bahkan juga sebagai latihan pemulihan pasca stroke. Berdasarkan Studi, usia harapan hidup juga dapat ditingkatkan dengan olahraga ini.

Membakar kalori

Saat Anda melakukan olahraga ini selama 1 jam, maka Sekitar 500-650 kalori akan terbakar sesuai efisiensi aktivitas renang yang dilakukan.

Membangun massa otot

Sebuah studi membuktikan bahwa 25 persen pada sekelompok pria memperoleh manfaat olahraga ini berupa peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas. Hasil tersebut didapat setelah melakukan program selama 8 minggu.

Merilekskan Tubuh

Olahraga ini juga bisa dijadikan sebagai sarana relaksasi tubuh. Selain itu, juga banyak yang menyebutkan jika olahraga ini mampu membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Sesuai dengan klaim dalam sebuah penelitian bahwa olahraga ini dapat menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif, serta rasa percaya diri.

Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler

Kesimpulan sebuah studi menyebutkan bahwa dalam latihan renang yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu dari partisipan pria dan wanita paruh baya konsumsi oksigennya meningkat hingga 10 persen. Selain itu, kekuatan jantungnya juga meningkat dampak dari naiknya jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen.

Cara Menjadikan Olahraga ini sebagai Olahraga Rutin

Jika Anda mempunyai riwayat penyakit tertentu dan merasa olah raga ini berisiko lebih baik konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga ini dan menjadikannya sebagai olahraga rutin, ikuti beberapa tips berikut:

  • Pilihlah kedalaman air yang paling sesuai.
  • Pilih kolam renang terdekat yang aman dan nyaman.
  • Ikuti kelas latihan yang disediakan di tempat tersebut.
  • Luangkan waktu secara rutin setiap minggu.
  • Kenakan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh agar nyaman.
  • Untuk mencegah rasa perih pada mata saat Anda bisa ┬ámamakai kacamata.

Perlu diingat untuk selalu pemanasan terlebih dahulu sebelum latihan dan mengakhirinya dengan pendinginan. Karena manfaat olahraga ini dapat dirasakan jika dilakukan secara rutin maka buatlah Jadwal secara khusus. Setelah mengetahui jadwal latihan, Anda harus memotivasi diri sendiri agar rajin melakukan latihan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *