Home Berita Olahraga Cara Jitu Merawat Sepatu Olahraga Menjadi Awet dan Tahan Lama

Cara Jitu Merawat Sepatu Olahraga Menjadi Awet dan Tahan Lama

by Chloe Hughes

Olahraga memang adalah sebuah kegiatan yang paling baik untuk dilakukan setiap harinya karena dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta kebugaran badan Anda. Sekarang pun, ada berbagai macam dan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan setiap harinya baik secara individual mau pun secara bersama-sama seperti sepak bola, basket, dan lain sebagainya. Namun, apa pun jenis olahraganya, Anda harus menggunakan sepatu olahraga yang tepat dan sesuai dengan jenis tersebut. Jika salah, maka hal ini akan menimbulkan masalah dalam performa Anda saat akan melakukan kegiatan tersebut. Selain itu, sepatu tersebut harus Anda jaga dan rawat agar dapat selalu dipakai dengan nyaman dan tidak membuang uang yang lebih untuk membelinya. Berikut ini adalah cara-cara yang ampuh untuk merawat sepatu tersebut:

 Jika Ada Tanah yang Menempel

Ketika sepatu Anda ada tanah atau pun lumpur yang menempel dan sifatnya membandel, Anda hanya perlu mendiamkannya sampai benar-benar kering, lalu Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat khusus sepatu dan tanah serta lumpur tersebut pun akan hilang. Untuk Anda yang memiliki sepatu berwarna putih, Anda bisa menggunakan cairan pemutih yang sifatnya lembut pada setelahnya. Gunakan lap kering yang dibasahi ujungnya dengan cairan tersebut dan bersihkanlah sepatu tersebut. Jika tidak mempunyai cairan pembersih, Anda bisa menggunakan pasta gigi sebagai gantinya.

Bersihkan dengan Air Sabun

Jika Anda sudah menyingkirkan benda-benda asing tersebut dari sepatu olahraga Anda, hal yang selanjutnya dapat dilakukan adalah membersihkannya dengan air sabun. Lapisi sepatu tersebut dengan air sabun secara merata dan menyeluruh, namun tidak dengan cara mengguyurnya secara langsung, namun dengan memakai lap yang sudah basah dengan air tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun anti bakteri yang tentunya akan lebih baik untuk sepatu Anda. Bagi yang terbuat dari bahan suede atau kulit, jangan menyiram dengan air, melainkan gunakan pembersih khusus.

 Bersihkan Tali Sepatu dan Bagian Dalam

Selain memperhatikan badan dari sepatu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan tali sepatunya. Lepaskan tali tersebut dan cuci serta sikat bagian dalam sepatu begitu juga dengan talinya. Untuk membersihkan bagian dalam, keluarkanlah bantalan pengganjal untuk kakinya. Cucilah bantalan tersebut dengan menggunakan air sabun dan bilas hingga bersih.

Sikat Kembali dan Jemur

Setelah itu, Anda bisa menyikat kembali dengan memakai sikat yang bersih dan bilas dengan air hangat semua bagian sepatu. Setelah itu, jemurlah ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda bisa hanya mengangin-anginkan sepatu tersebut sampai kering dan dengan ini, sepatu olahraga Anda pun akan tetap awet dan tahan lama, serta penampilannya pun akan sangat menarik ketika dipakai.

 

Baca Juga:   Mengenal Bahan Untuk Jersey Terbaik

Artikel Lainnya

2 comments

frolep rotrem October 28, 2020 - 8:19 am

Hello! I’ve been reading your weblog for a long time now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Kingwood Tx! Just wanted to say keep up the good work!

Reply
Fresh Traffic October 30, 2020 - 11:41 am

I just wanted to jot down a simple comment to say thanks to you for the fabulous information you are giving on this site. My rather long internet look up has at the end been recognized with extremely good facts and strategies to share with my two friends. I would assume that we site visitors actually are unquestionably blessed to live in a fantastic site with very many lovely individuals with insightful tips. I feel really fortunate to have encountered the website and look forward to plenty of more cool moments reading here. Thank you again for everything.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More