Cara Merawat Sepatu Olahraga Lari dengan Benar Agar Awet

Sepatu merupakan kebutuhan untuk melindungi kaki dan biasa disebut sebagai alas kaki. Sepatu memiliki beberapa jenis sesuai kegunaannya. Salah satu sepatu yang saat ini dicari adalah sepatu olahraga yang digunakan dalam berbagai aktifitas. Sepatu ini biasanya memiliki desain dan ketahanan tersendiri dalam memberikan performa saat digunakan. Tidak hanya wanita maupun pria sepatu ini menjadi kebutuhan dan tentunya harganya tidak murah karena bahan yang cukup kuat.

 Cara Merawat Sepatu Olahraga Lari dengan Benar Agar Awet

Berikut adalah beberapa sepatu lari diantaranya:

  • Spec Tambora, dari bahan sintetis dan bahan mesh untuk sirkulasi udara dengan rasa nyaman dan ringan saat menggunakannya dan outsole di bagian bawah sepatu menggunakan karet yang kuat.
  • Reebok Zpump Fusion, menyesuaikan dengan bentuk kaki didukung dengan Power Frame yang memungkinkan ruang udara tetap berada di dekat kaki sehingga pelari merasa nyaman dan adanya eyelets dan bagian tumit yang reflektif membantu menerangi sekeliling penggunanya.
  • Puma Ignite Ultimate Layered Running Shoes, bersifat memantul untuk memberikan energi yang lebih besar sehingga menunjang performa saat berlari, dilengkapi 3 layer mess upper seta ForEverFoam pada bagian tumit untuk meningkatkan daya tahan sepatu.
  • Under Armur Speefform Apollo Vent Running Shoes, bagian upper terbuat dari mesh yang membuat kaki bernapas, heel cup dari bahan silikon menjamin kestabilan tumit dalam menyokong kaki.

Sepatu olahraga lainnya adalah Saucony Men’s Guide 9 Running Shoe dengan teknologi Everun yang memberikan kestabilan saat berlari. New Balance Fresh Foam Zante V3 yang efektif dalam meredam benturan. Desain bagian belakang sepatunya mampu membungkus kaki dengan pas, memberikan kenyamanan dan mendukung kecepatan berlari. Adidas Energy Bst 3 Running Shoes Blue yang menerapkan teknologi boost pada midsole dengan keunggulan daya regang besar. 

Berikut adalah cara merawat sepatu diantaranya: 

  • Jika sepatu tidak digunakan masukkan gulungan kertas maupun koran yang akan menyerap air dan udara yang bercampur dengan air dan menjaga sepatu dari masuknya serangga.
  • Pakailah sepatu dalam kering karena akan membuat bagian kaki memiliki suhu yang lembab dan menyebabkan sepatu menjadi bau.
  • Sebaiknya jangan sering menggunakan sepatu supaya tidak mudah rusak dan pastikan menggunakan sepatunya sesuai fungsi.
  • Hindari mencuci dengan mesin cuci karena akan membuatnya cepat rusak dan berkerut, selain itu lem juga akan mudah lepas.
  • Hindari terik matahari karena akan membuat sepatu cepat rusak dan simpan sepatu dengan rapi.

Untuk sepatu olahraga sebaiknya menepuk-nepuk sepatu maka kotoran dan debu akan hilang. Untuk keringat yang masuk cukup dikeringkan dengan gulungan kertas bisa langsung kering dan untuk baunya menggunakan cara-cara lain. Pada sepatu lari biasanya bau sangat tinggi sehingga hanya perlu fokus merawat sepatu supaya tidak bau.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *