Cara Tepat Memilih Sepatu Futsal dengan Benar

Penggemar futsal atau sepakbola di dalam ruangan, karena lapangan sengaja dibuat di dalam sebuah ruangan besar, tentunya butuh sepatu futsal. Sepatu khusus olahraga futsal memang penting untuk dimiliki supaya nyaman bergerak di dalam lapangan. Permainan satu ini memang mengandalkan gerakan gesit sekaligus kekuatan kaki, maka dari itu penting memilih sepatu yang mendukung. Anda bisa berkunjung ke toko perlengkapan olahraga untuk mendapatkannya sehingga dijamin tidak salah atau keliru dalam membeli sepatu. Sebab dijamin desainnya lain dari sepatu untuk olahraga jenis lainnya.

Memastikan Sudah Memilih Sepatu yang Benar

Sepatu untuk olahraga di lapangan skala kecil ini memang sekilas tidak memiliki perbedaan berarti dengan sepatu sepak bola. Namun jangan salah, ada perbedaan pada bahan sol atau bantalan sepatu sehingga memberi kenyamanan lebih saat bergerak. Memastikan sepatu yang dibeli sudah benar atau belum, maka lakukan beberapa pengecekan ini:

  • Bobot sepatu yang terbilang ringan,

Mengingat futsal tidak beda jauh dengan sepak bola, sehingga memainkannya membutuhkan gerakan gesit dan tanpa lelah. Dianjurkan memakai sepatu yang memang dibuat ringan sehingga sepatu khusus futsal umumnya memiliki bobot paling ringan diantara sepatu olahraga lainnya.

  • Sepatu super lentur,

Kaki selama menikmati olahraga futsal dijamin akan bergerak dengan sangat cepat, perlu ditunjang oleh sepatu yang pas. Pastikan sepatu futsal yang telah dibeli memiliki kelenturan maksimal sehingga bisa ditekuk sampai 90 derajat atau lebih. Kelenturan ini penting untuk menghindari slip selama beraksi di lapangan futsal. Tidak menutup kemungkinan lantai lapangan terasa licin kemudian kelenturan ini menjaga kaki tetap aman agar tidak mudah keseleo atau terkilir.

  • Bantalan dibuat rata seperti sepatu biasa,

Perbedaan mencolok antara sepatu olahraga futsal dengan sepak bola terletak pada bentuk sol atau bantalannya. Jika sepatu sepak bola sol dibuat bergerigi agar kuat menancap di lapangan berumput. Maka pada sepatu khusus futsal dibuat lebih rata selayaknya sepatu biasa, namun pastikan dulu sepatu yang dipilih demikian. Pasalnya melihat sekilas tentu tidak banyak perbedaan antara kedua jenis sepatu ini, jika salah memilih maka ada kemungkinan tidak akan bisa dipakai. Anda tentu tidak ingin merugi bukan?

  • Bentuk sepatu persis anatomi kaki,

Kalau diperhatikan, sepatu untuk lari dan juga futsal ataupun sepak bola memiliki bentuk yang pas melekat pada telapak kaki. Sengaja dibuat demikian agar lebih pas dan nyaman melindungi kaki sehingga mudah dan ringan dalam bergerak. Baiknya, pastikan desain sepatu memang persis dengan anatomi kaki baik dilihat dari bantalan maupun dari bagian atasnya. Hal ini penting untuk memastikan kalau Anda memang sudah membeli sepatu futsal bukan sepatu jenis lainnya, bermain sepuasnya pun terasa menyenangkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *