Cara Tepat Menyimpan Sepatu Futsal Agar Awet dan Selalu Nyaman Saat Dipakai

Mempunyai sepatu futsal tentu menjadi sebuah kebutuhan apabila Anda memang terhitung sering sekaligus menyukai permainan futsal ini. Futsal memang menjadi salah satu jenis olahraga di dalam ruangan yang banyak disukai kaum Adam. Keasyikan atau keseruan dalam merebut maupun mempertahankan bola dari lawan semakin menambah sensasi menyenangkan selama bermain. Sebagai jenis olahraga yang menuntut pemainnya banyak berlari dan melompat sesekali, maka perlu ditunjang dengan sepatu yang bagus. Tentu tidak harus membeli sepatu mahal asalkan dirawat dengan benar maka dijamin nyaman.

Kiat Menyimpan Sepatu Khusus Futsal

Setelah memiliki sepatu yang tepat dan kualitasnya pun memuaskan, jangan sampai bosan apalagi malas merawatnya dengan baik. Salah satu perawatan yang bisa membuatnya awet adalah penyimpanan yang tepat, berikut beberapa kiatnya:

  • Siapkan lemari khusus sepatu,

Memastikan penyimpanan sepatu satu ini sudah tepat maka dianjurkan untuk menyiapkan lemari khusus. Bisa pula memanfaatkan laci di bagian bawah lemari pakaian sebab penting sekali melindunginya dari debu. Usahakan tidak bercampur dengan pakaian karena dijamin teknik penyimpanannya berbeda, dan jika nekat maka akan mudah rusak.

  • Pastikan bersih dan kering sebelum disimpan,

Setelah digunakan idealnya sepatu futsal segera saja dicuci sehingga memastikan selalu dalam kondisi yang bersih. Aman pula untuk segera disimpan karena baiknya sepatu benar-benar bersih sebelum masuk ke lemari penyimpanan. Supaya tidak bau sekaligus terhindar dari gangguan hewan pengerat maupun serangga yang merusak sepatu tersebut. Selain itu pastikan pula sepatu sudah benar-benar kering untuk menghindari bau apek sekaligus jamur. Jika sudah terserang jamur maka sepatu akan rapuh dan tidak enak dipakai.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Sepatu Futsal dengan Benar

  • Keluarkan sesekali meski tidak pernah dipakai,

Khusus jika sepatu yang dimiliki ada beberapa dan salah satunya paling jarang atau bahkan tidak pernah dipakai. Maka jangan hanya disimpan terus menerus karena efeknya bisa membuat sepatu rusak di dalam lemari. Bahan sepatu yang terdiri atas beberapa material sesekali perlu mereguk udara segar, maka keluarkan secara berkala. Minimal sekali per dua minggu maka sepatu pun akan bebas dari gangguan pengerat dan dijamin tetap nyaman dipakai. Pertimbangkan untuk melakukan kiat ini sebab cukup mudah dan sederhana namun efeknya besar.

  • Tambahkan gel silika,

Kalau kebetulan daerah tempat Anda tinggal cenderung dingin dan sangat lembab, maka ada baiknya menambahkan gel silika. Selain untuk daerah dingin gel silika ini juga cocok untuk tempat berudara panas. Fungsi utamanya untuk menyerap aroma tidak sedap yang dikeluarkan dari bahan sepatu, sehingga aman untuk ditambahkan. Bentuknya kecil dan bisa dimasukkan ke dalam kantong kecil sehingga bisa diselipkan ke dalam sepatu futsal kesayangan, dijamin baunya tetap enak meski jarang dikeluarkan dari lemari.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *