Home Tips dan Trik Faktor Penentu Performa Sepatu Basket

Faktor Penentu Performa Sepatu Basket

by Chloe Hughes

Setiap pemain basket sebaiknya menggunakan sepatu basket yang terbaik karena sepatu basket yang terbaik dapat mendukung performa latihan dan permainan secara optimal untuk mencapai hasil yang maksimal. Salah satu masalah utama yang masih cukup sering dihadapi pemain basket adalah kesulitan dalam mengetahui dan menentukan sepatu basket yang terbaik untuk dirinya. Selain itu terdapat anggapan-anggapan tidak tepat mengenai sepatu basket, yang masih diyakini oleh sebagian besar pemain basket (terutama di negara berkembang seperti Indonesia), misalnya: sepatu basket yang terbaik adalah sepatu basket berteknologi termutakhir dan yang termahal, sepatu basket yang terbaik adalah sepatu basket signature series yang digunakan oleh atlet-atlet NBA, dan sebagainya. Sayangnya anggapan-anggapan yang keliru tersebut cukup sering membuat sebagian pemain basket pelajar dan amatir memaksakan diri untuk membeli sepatu basket yang terbaru dan termahal, yang sebenarnya mungkin kurang sesuai dengan kebutuhan.
Performa dari Sepatu Basket bisa dikategorikan sangat memuaskan atau sebaliknya , Tidak memuaskan. Dari sini kita juga bisa mengerti lebih lanjut Kelebihan dan kekurangan dari Sepatu basket yang biasanya terletak di faktor – faktor tertentu di antaranya :

  • Fit

Fit dari sebuah sepatu basket merupakan salah satu faktor terpenting saat memilih Model dan Size dari Sebuah sepatu. Fit sering dihubungkan dengan Comfort / Kenyamanan dari sebuah sepatu basket. Fit juga biasanya dihubungkan dengan bentuk dan feel dari Sepatu basket tsb saat Dipakai. Sepatu yang paling cocok untuk dipakai adalah Sepatu yang memiliki Fit yang Pas dengan kaki kita , karena itu alangkah pentingnya untuk kita mengetahui bentuk / kategori kaki kita ( Slim /normal / Wide , Flat footed – Arch ) dan Size yang paling nyaman untuk kita ( Upsize / True To Size / Down Size ). Istilah ‘Lockdown’ merupakan istilah yang sangat lazim dan sering dihubungkan dengan Fit , Lockdown adalah Kemampuan sepatu untuk Mengunci kaki kita dengan baik dan tidak bergeser – geser atau bergerak di dalam sepatu.

Baca juga:  Merawat Sepatu Basket

  1. Cushioning
    Cushioning merupakan istilah yang biasanya dihubungkan dengan Keempukan sepatu tsb. Biasanya Cushioning juga dihubungkan dengan teknologi yang dipakai di daerah Sole dari sepatu tsb. Jadi tingkat keempukan sebuah sepatu ditentukan dari Tipe cushioning yang dipakai Di Outsole maupun Midsolenya.  Cushioning pada Midsole biasanya lebih detil di Sepatu Nike , ada perbedaan antara 2 Midsole yaitu Phylon dan Cushlon midsole , Phylon memberikan Responsiveness tinggi tapi sedikit keras dan kaku , Sedangkan Cushlon Midsole empuk dan lebih fleksibel. Cushioning juga bisa berbentuk Padding / Busa yang terletak di bagian Upper sepatu kita , yang memberikan kesan empuk dan nyaman saat dipakai , Seperti Lebron 9 yang memiliki Padding / Busa di bagian ankle yang cukup tebal dan kokoh , memberikan feel yang sangat nyaman saat dipakai.
  2. Support

Faktor Support merupakan faktor yang terpenting dari sebuah Sepatu basket karena Supportlah faktor yg menentukan kestabilan dari Sepatu tsb. Support lah yang menentukan Resiko Cidera Ankle pada Sepatu.

Baca Juga:   Tips Memilih Bahan Baju Futsal

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More