Info Bola Terkini Pemain Keturunan Indonesia di Eropa

Kondisi persepakbolaan Indonesia memang boleh dibilang tidak begitu membanggakan. Namun, di tengah redupnya prestasi dan kondisi persepakbolaan tanah air, masih ada harapan bahwa sepak bola Indonesia dapat maju dengan pembinaan yang baik. Buktinya, banyak pesepakbola keturunan Indonesia yang berhasil meniti karier di luar negeri, bahkan mampu menembus ketatnya kompetisi persepakbolaan Eropa dan bermain di klub-klub besar. Berikut ini adalah info bola terkini tentang beberapa pemain keturunan Indonesia yang pernah atau sedang berlaga di kompetisi sepakbola Eropa.

Giovanni van Bronckhors

Giovanni van Bronckhors merupakan pemain sepak bola berdarah Indonesia yang dapat dikatakan paling sukses. Bersama Barcelona, Gio pernah meraih gelar Liga Spanyol pada musim kompetisi 2004/2005 dan 2005/2006. Sebelum itu, Gio juga pernah meraih gelar Liga Inggris bersama Arsenal di musim kompetisi 2001/2002. Gio bahkan ditunjuk sebagai kapten timnas Belanda ketika berhasil menembus final Piala Dunia 2010. Darah Indonesia yang dimiliki oleh Gio berasal dari Ibunya yang bernama Fransien Sapulette, yang merupakan orang Maluku asli. Fransien konon memegang teguh budaya Indonesia di keluarganya meski tinggal di Belanda. Terbukti, ayah Gio, yaitu Victor van Bronckhors sangat fasih berbahasa Indonesia. Sayangnya, Gio tidak terlalu fasih berbahasa Indonesia. Setelah pensiun sebagai pemain, Gio aktif melatih. Salah satu tim yang pernah dilatihnya belakangan ini adalah FC Feyenoord.

Radja Nainggolan

Dari namanya saja, kita dapat menebak bahwa pemain ini adalah keturunan Indonesia. Nama Nainggolan merupakan salah satu marga dalam suku Batak. Darah Indonesia Radja Nainggolan mengalir dari sang ayah, yaitu Marianus Nainggolan. Sayangnya, Marianus berceras dengan Lizy Bogaerts ketika usia Radja masih berumur lima tahun. Saat ini, Radja Nainggolan menjadi salah satu pemain penting di AS Roma, klub peserta Liga Serie A Italia. Radja Nainggolan bahkan juga mampu menembus skuad utama tim nasional Belgia, yang merupakan tanah air sang ibu. Salah satu kecintaan Nainggolan untuk mengenang tanah leluhur ayahnya adalah dengan menyematkan nama Nainggolan di jersey tim yang selalu dibelanya.

Emilio Audero Mulyadi

Info bola terkini tentang pemain keturunan Indonesia yang berlaga di kompetisi Eropa berikutnya adalah Emilio Audero Mulyadi. Nama tersebut mungkin masih asing bagi sebagian orang, khusunya bagi penggemar sepak bola di Indonesia. Namun bagi penggemar Liga Italia khususnya penggemar Juventus, nama tersebut tidaklah asing. Emilio Audero Mulyadi bahkan digadang-gadang sebagai penerus Gianluigi Buffon, kiper legendaris Juventus yang saat ini masih aktif bermain. Emilio memang merupakan kiper pelapis ketiga di Juventus. Emilio atau yang lebih akrab disapa Emil lahir di Mataram, Indonesia, pada tahun 1997 silam. Saat ini, nama Emil terdaftar sebagai pemain Juventus yang akan berlaga di Liga Champions, menjadi pelapis Buffon dan Neto.

Itulah info bola terkini tentang beberapa pemain keturunan Indonesia atau pemain berdarah Indonesia yang mampu menembus ketatnya kompetisi Liga Eropa. Semoga dengan semakin banyaknya pemain keturunan Indonesia di luar negeri, akan menjadi inspirasi bagi pemain lokal untuk terus meningkatkan prestasinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *