Info Terkini Andriy Shevchenko

Seandainya para penggemar sepak bola di dunia disuruh untuk menyebut satu nama saja pemain sepakbola yang berasal dari Ukraina, maka jawaban mereka tidak akan jauh-jauh dari nama Andriy Shevchenko. Ya, pemain berjuluk Sheva ini barangkali merupakan pesepakbola terbesar dan tersukses yang pernah dilahirkan negara Ukraina, yang merupakan pecahan Uni Sovyet. Prestasi Sheva sebagai pemain, terutama ketika membela klub-klub yang pernah disinggahinya, sangatlah mentereng. Sheva pernah meraih gelar Liga Champions Eropa, dan bahkan namanya pernah dinobarkan sebagai pemain terbaik Eropa pada tahun 2004. Pemain yang berposisi sebagai striker ini mencetak sebanyak 175 gol sepanjang membela AC Milan, yang menempatkan namanya menjadi pencetak gol terbanyak kedua bagi klub berjuluk I Rossoneri Tersebut. Tulisan ini akan mengulas info terkini mengenai Andriy Shevchenko, pemain terbesar yang dimiliki Ukraina.

Akhir Karier Sebagai Pemain

Menjalani karier yang gemilang bersama AC Milan yang dibelanya selama tujuh tahun dengan mencetak total 175 gol, Sheva akhirnya memutuskan untuk pindah klub setelah pemilik Chelsea Roman Abramovich menebusnya dari AC Milan pada tahun 2006. Namun kariernya di Chelsea tidak secemerlang ketika membeta I Rossoneri. Cedera yang menimpanya membuat Sheva harus terlempar dari skuad utama Chelsea, sehingga Sheva pun kembali ke AC Milan sebagai pemain pinjaman. Sayangnya, kedatangan Sheva untuk kali kedua membela AC Milan tidak mulus, ia gagal mencetak gol di liga sehingga dikembalikan ke Chelsea. Pada pertengahan tahun 2009, Sheva kembali ke klub lamanya yaitu Dynamo Kyiv, terus bermain di klub itu hingga memutuskan pensiun pada 28 Juli 2012.

Berkarier di Dunia Politik

Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain bola, Sheva memutuskan terjun ke dunia politik. Kondisi perpolitikan di Ukraina yang tidak sehat ketika itu membuat Sheva merasa harus turun tangan. Sheva bergabung dengan partai Ukraine Forward. Sheva mengaku ingin mengabdikan hidupnya kepada masyarakat. Pengalaman yang diperolehnya selama tinggal di dua negara maju Eropa, yaitu Italia dan Inggris, membuat wawasan Sheva lebih terbuka. Sheva bahkan memiliki rencana membangun bidang sosial dan olahraga. Namun sayang, keinginan untuk mengabdikan diri pada masyarakat Ukraina itu gagal setelah partai tersebut kalah pada pemilihan umum. Sheva mengaku kapok terjun ke dunia politik karena dirinya harus menginvestasikan banyak uang dan energi, sementara hasilnya hanya sia-sia. Info terkini, setelah meninggalkan dunia politik, Sheva mendirikan agensi pemain. Dan belakangan ini, Sheva menerima tawaran sebagai pelatih tim nasional Ukraina.

Menjadi Pelatih

Buruknya prestasi yang ditorehkan pelatih Mykhailo Fomenko ketika menukangi timnas Ukraina pada perhelatan Euro 2016 membuat federasi sepak bola Ukraina memutuskan memecat Famenko dan menunjuk Sheva sebagai penggantinya. Sheva yang sebelumnya merupakan anggota staf pelatih Fomenko diberi tugas berat yaitu harus membawa Ukraina lolos dari Kualifikasi Piala Dunia 2018. Itulah info terkini tentang Andriy Shevchenko. Kini hari-hari Sheva disubukkan dengan mencari taktik paling tepat untuk timnas Ukraina.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *