Ingin Membentuk Tubuh lewat Angkat Beban? Sebaiknya Anda Lakukan Teknik Ini!

Tidak hanya pria namun juga wanita yang ingin memiliki bentuk tubuh yang bagus. Ada beragam cara untuk membentuk tubuh dan salah satunya adalah dengan angkat beban. Olahraga ini identik untuk membentuk bagian bisep atau lengan namun dengan mengangkat suatu beban yang dilakukan dengan cara yang benar kurang lebih selama 30 menitan, maka bisa membantu Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Untuk membentuk bisep agar lebih kencang maka Anda bisa melakukan preacher curls serta hammer curls dengan cara melakukan 2 gerakan per bagian tubuh dimana 1 menggunakan beban berat dan satu ringan. Walaupun jika melakukan cara ini akan membuat otot menjadi lelah, namun lemak tubuh Anda bisa terbakar sehingga membuat tubuh menjadi lebih ramping.

 Ingin Membentuk Tubuh lewat Angkat Beban? Sebaiknya Anda Lakukan Teknik Ini!

Untuk latihan ringan yang dilakukan selama 30 menit, Anda bisa mengkombinasikan prinsip dasar dengan cara melakukan latihan sebanyak 4 set yang menggunakan beban berat lalu lakukan pengulangan rendah hingga 6 kali. Untuk target titik otot yang sama atau untuk latihan selanjutnya, maka Anda bisa menggunakan beban yang lebih ringan akan tetapi dengan menambahkan 4 set dari sebelumnya dan melakukan pengulangan hingga 12 kali.  

Menurut penuturan Brian Pankau yang merupakan personal trainer mengemukakan jika Anda butuh waktu istirahat selama 2-3 menit di antara latihan beban pengurangan tinggi serta sekitar 40-60 detik di sela atau antara latihan beban pengulangan rendah. Cara ini dilakukan agar otot Anda kala atau setelah angkat beban tidak kelelahan ataupun mengalami cidera baik cidera ringan ataupun cidera berat. Jangan lupa agar tidak terlalu memaksakan untuk setiap hari latihan apalagi latihan berat karena otot juga butuh masa pemulihan.  

Untuk memaksimalkan hasil latihan, Anda tidak hanya harus istirahat yang cukup namun juga mengonsumsi makanan yang bisa membantu untuk pembentukan otot misalnya mengkonsumsi dada ayam rebus, putih telur, susu rendah lemak. Cara makan yang tepat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi dalam porsi kecil sebanyak 6x dalam sehari. Akan tetapi untuk perencanaan ini hanya bisa efektif bagi Anda yang melakukan latihan untuk jumlah set yang ringan dan sedang.

 Sedangkan untuk Anda yang ingin melakukan latihan angkat beban berat maka Anda harus mengkombinasikan antara latihan trisep di atas kepala yang menggunakan beban berat dengan latihan trisep bawah yang menggunakan beban yang lebih ringan. Latihan mengangkat beban tidak hanya untuk membentuk otot lengan namun juga bisa membuat kaki lebih ramping serta menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan melakukan leg presses yang menggunakan beban yang berat serta menggunakan lunge beban ringan di bagian kedua sisi Anda atau bisa juga tidak menggunakan beban sama sekali.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *