Ingin Raket Badminton Anda Lebih Awet? Ini Tips Mudah Merawatnya!

Sebagai seorang atlet yang berpengalaman pasti akan sangat berhati-hati dalam menentukan peralatan apa saja yang akan digunakan. Misalnya saja olahraga bulu tangkis, bukan hanya dari harga raket badminton saja yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan tetapi lebih kepada kualitas atau keawetan bahan yang digunakan. Banyak sekali merk-merk alat olahraga yang sangat terkenal dan mempunyai kualitas yang baik. Selain itu juga ada toko-toko yang menyediakan produk olahraga dengan kualitas terbaiknya. Dengan adanya hal tersebut pastinya Anda akan lebih mudah menentukan mana yang paling tepat dan terbaik.

Ingin Raket Badminton Anda Lebih Awet? Ini Tips Mudah Merawatnya 

Tetapi akan sebaik atau kualitas setinggi apapun perlengkapan olahraga Anda pasti akan sangat percuma jika setelah dimiliki tanpa melakukan perawatan. Padahal alat tersebut digunakan dalam intensitas waktu yang cukup lama dan panjang. Secara otomatis penggunaan yang semakin sering pastinya membutuhkan perawatan yang sering juga. Nah, bagi Anda yang masih kebingungan merawat raket yang tepat bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Pilih yang tepat.

Pertama Anda harus membeli raket yang memang benar-benar berkualitas baik, kecocokan saja tidak akan membuat masa pakai raket lebih lama. Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa banyak sekali pilihan raket yang ada dipasaran, mulai dari harga murah sampai dengan harga tinggi. Umumnya raket dipilih berdasarkan dari tingkat permainan Anda apakah masih pemula atau sudah professional.

  • Lapisan pegangan.

Kemudian supaya saat digunakan raket tidak licin, mudah terlepas dan tetap nyaman bisa membuat lapisan pada bagian pegangan. Tetapi memang tidak semua raket badminton belum terlapisi dengan baik. Ada beberapa merk atau jenis raket yang sudah dilapisi dengan baik supaya pengguna merasa lebih nyaman.

  • Jaga kebersihan.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan raket setelah Anda menggunakan, ini berlaku pada seluruh bagian raket. Terlebih pada bagian yang sering sekali terkena keringat, hal ini dilakukan supaya tetap terlihat bersih dan tidak mudah berkarat. Jika perlu lapisi bagian tangkai raket dengan minyak putih supaya mengkilap.

  • Lapisi senar.

Untuk mendapatkan kondisi raket yang baik dalam waktu lama bisa Anda lapisi bagian senar menggunakan lilin terlebih dahulu sebelum digunakan. Tetapi setelah dilapisi bukan berarti Anda bisa menggunakan secara sembarangan atau tanpa putus, jadi tetap gunakan dengan baik.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat kondisi dari raket terus baik sekalipun sudah digunakan dalam waktu yang lama. Yang tidak kalah penting adalah tetap gunakan raket badminton kesayangan Anda dengan baik dan hati-hati. Setelah itu tetap simpan pada tempat yang tepat, ini berlaku setelah Anda membersihkan dengan baik. Jangan rawat raket saat sering digunakan saja, justru yang tidak pernah digunakan juga perlu perawatan ekstra.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *