Ini Bedanya Sepatu Olahraga Biasa dan Sepatu Lari

Salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh adalah lari. Tentunya semua orang bisa melakukannya, cukup sekitar 15 menit setiap harinya sudah sangat efektif dalam membentuk badan jadi lebih proporsional. Lari pagi lebih dianjurkan juga karena Anda juga bisa mendapatkan vitamin D yang berasal dari cahaya matahari. Meskipun terbilang cukup mudah, namun kenyataannya olahraga yang satu ini juga memiliki berbagai macam resiko yang mungkin terjadi pada Anda, salah satu diantaranya adalah resiko jatuh. Untuk itu pastikan agar lebih aman berlari menggunakan sepatu lari.

Alas kaki menjadi bagian yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan ketika akan melakukan olahraga, apalagi yang banyak mengandalkan gerakan kaki, seperti halnya lari, voli, sepak bola maupun fulsal. Resiko cidera pada bagian kaki jauh lebih tinggi jika tak berhati-hati. Itulah mengapa banyak produsen alat olahraga yang juga mengeluarkan produk sepatu khusus untuk olahraga.

Sepatu jenis ini tentunya berbeda dengan yang digunakan untuk sepak bola maupun untuk kebutuhan basket, baik dari segi desain dan bahan pembuatannya. Diantara beberapa perbedaannya dengan sepatu biasa, yaitu:

 cari tau seputar sepatu lari yang cocok bagi kamu hanya di tokolahraga.com

  1. Ia dibuat dengan bahan khusus yang bisa meredam setiap hentakan, salah satu hal yang pastinya kurang Anda sukai ketika tengah berlari adalah suara hentakan yang terlalu keras sehingga terkadang membuat keseimbangan turun. Sepatu lari sudah dibekali dengan teknologi khusus yang memungkinkannya bisa meredam hentakan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan produk sepatu pada umumnya.
  2. Memaki sol bagian tengah dan bagian luar yang dibuat dari karet berkualitas tinggi, sol menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah sepatu, fungsinya adalah untuk menunjang kenyamanan dan keamanan. Bagian sol yang di balutkan tak hanya di bagian luar saja, melainkan juga ada sisi tengahnya, sehingga jika dilihat sepatu jenis ini memang lebih tinggi dibandingkan dengan sepatu olahraga yang lainnya.
  3. Diimbangi dengan bantalan kaki yang nyaman, satu lagi tambahan dari produk sepatu ini adalah keberadaan bantalan yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan di kaki Anda, meskipun lama berlari tak akan membuat tungkai kaki menjadi sakit.
  4. Sepatu yang juga dibekali dengan sirkulasi udara baik, sehingga untuk kegemaran olahraga dalam durasi yang panjang, bukan masalah bagi Anda, karena sirkulasi udara tetap lancar sehingga membuat kaki juga tak akan terasa gerah. Tetap ada aliran udara yang keluar masuk ke dalam sepatu Anda.

Banyak memang yang membedakan antara sepatu lari dengan sepatu yang lainnya, produk running shoes ini dijual di pasaran dalam berbagai merk, banding-bandingkan terlebih dahulu sebelum membelinya. Pastikan memilih merk yang berkualitas sesuai budget.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *