Jangan Asal Pilih, Ini Kriteria Sepatu Lari Terbaik

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Untuk bisa mendapatkan kesehatan tersebut, olahraga yang dilakukan pun tidak melulu harus mahal dan membayar banyak biaya atau memiliki perlengkapan yang beragam. Anda bisa berolahraga murah dan menyehatkan seperti berlari di pagi hari demi mendapatkan kesegaran udara dan tubuh yang bugar. Namun jangan lupa, Anda juga perlu mengenakan sepatu lari yang tepat demi kenyamanan ketika berolahraga lari.

Sepatu untuk berolahraga lari tentu berbeda dengan sepatu untuk olahraga lainnya atau sepatu yang biasa. Hal ini lantaran ketika berlari, tubuh akan ditopang secara maksimal oleh kaki dan dalam tempo yang lebih cepat dibanding berjalan sehingga Anda membutuhkan sepatu yang bisa mengcover semua kebutuhan tersebut. Dengan sepatu yang tepat, maka ketika berlari pun Anda akan semakin mantap.

Dalam memilih sepatu khusus untuk berlari, Anda juga tidak boleh sembarangan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih sepatu untuk lari:

  • Perhatikan tipe kaki Anda

Pertama, perhatikan dulu tipe kaki Anda. Tipe kaki yang dimaksud adalah dimana kaki cenderung sering basah, kering atau justru sangat mudah mengeluarkan bau. Tipe kaki yang berbeda tentu butuh sepatu yang berbeda pula mengingat tipe kaki ini akan berpengaruh terhadap performa lari Anda nantinya. Jika kaki Anda kerapkali basah dan mudah berkeringat serta mengeluarkan bau, maka memilih sepatu bersirkulasi udara akan sangat menolong.

Baca Juga: Ini Bedanya Sepatu Olahraga Biasa dan Sepatu Lari

  • Sesuaikan dengan ukuran kaki

Tips selanjutnya untuk memilih sepatu lari yang pas adalah dengan menyesuaikan ukuran kaki. Tentu hal ini sudah pasti diketahui oleh semua orang ketika memilih segala jenis sepatu. Pilih sepatu yang memang pas di kaki, tidak kebesaran atau justru kekecilan. Usahakan membeli sepatu ketika malam hari karena ketika malam hari, kaki akan membesar sehingga itulah ukuran kaki maksimal Anda yang bisa jadi patokan.

  • Memilih sepatu khusus lari

Prioritaskan memilih sepatu yang memang dikhususkan untuk aktivitas lari. Sepatu untuk berlari cenderung memiliki bobot lebih ringan sehingga penggunanya akan mendapatkan kemudahan dalam mengayuh kakinya. Dengan begitu, Anda bisa berlari dengan maksimal. Sepatu khusus berlari juga memiliki alas dan bantalan yang lebih empuk sehingga nyaman ketika dipakai.

Untuk performa lari yang maksimal, usahakan untuk melakukan penggantian secara berkala. Anda bisa melakukan penggantian ketika Anda telah mencapai jarak sekitar 650 km bersama sepatu lari tersebut karena alas dan bantalan sepatu akan semakin tipis, kondisi sepatu juga pasti akan berkurang. Dengan cara ini, maka Anda bisa memaksimalkan penggunaan dari setiap sepatu berlari yang telah Anda pilih.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *