Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Kriteria Sepatu Basket yang Wajib Anda Ketahui

Untuk Anda yang hobi dan suka bermain basket, maka pasti sering melihat sepatu keren yang kerap dipakai oleh para pemain basket profesional. Hampir semuanya dibuat menggunakan desain yang berwarna-warni dan selalu mewah. Mungkin Anda berfikir, jika sepatu keren tersebut hanya untuk menunjang gengsi dan lain sebagainya. Padahal, pemain basket profesional bukan memikirkan hal tersebut pertama kali dan justru memikirkan kenyamanan ketika memakai sepatu basket tersebut sehingga performa permainannya bisa maksimal di lapangan.

Perlu diketahui jika permainan basket memiliki daya jelajah lebih tinggi ketika ada di lapangan meski lapangannya lebih kecil dari sepak bola. Itulah alasan mengapa kaki akan mengalami banyak tekanan ketika permainan sehingga sepatu menjadi benda penting yang merupakan kunci utama untuk menghindarkan kaki para pemain dari cedera yang mungkin terjadi. Gerakan seperti lari, melompat, mengerem dan lainnya tentu butuh tumpuan kaki kuat dan nyaman sehingga bisa menyelamatkan kaki dari berbagai resiko.

Berdasarkan hal ini, maka berikut ini beberapa tips memilih sepatu basket yang tepat:

  • Ukur kaki Anda

Hal ini merupakan hal yang terpenting untuk memilih sepatu dimana kaki harus diukur secara benar. Cobalah mengukur kaki hingga tumit belakang. Jangan lupa ukur juga lebar kakinya sehingga Anda bisa menyesuaikan ukuran telapak kaki dengan sepatu yang akan dipakai nanti. Ukurlah dalam posisi tegak lurus ketika malam hari karena waktu malam diyakini kaki akan berada pada ukuran terbesarnya.

Ada beberapa macam pilihan sepatu basket yang cocok untuk anda, baca selengkapnya di tokolahraga.com

  • Sesuaikan jenis permainan basket

Penentuan sepatu yang akan Anda gunakan juga didasari dari jenis permainan yang Anda lakukan. Jika Anda termasuk dalam tipe power player, dimana kemungkinan beradu dengan adanya pemain lain lebih sering, maka sepatu high top dimana tinggi bagian belakang akan cocok untuk Anda. namun untuk Anda yang kerap bermain dengan kecepatan seperti penyerang, maka low top bisa jadi yang terbaik dengan bagian pendek di belakang sehingga gerakan akan lebih lincah.

  • Bantalan empuk

Mengingat olahraga basket lebih banyak melompat dan juga mendarat, maka bantalan menjadi hal yang begitu vital dalam pemilihannya. Pastikan memilih sepatu yang memiliki bantalan empuk sehingga mampu meminimalisir cedera.

  • Sepatu responsif

Selain nyaman di kaki, sepatu juga perlu responsif terhadap semua gerakan seperti ketika mengerem dan mendarat dari lompatan. Untuk itu, carilah sepatu lentur di kaki sehingga mampu membuat Anda tetap nyaman.

Penampilan sepatu bukanlah hal yang utama. Yang terpenting ketika memilih sepatu basket adalah dari segi kenyamanan dan keamanan yang didapatkan sehingga Anda bisa terbebas atau minimal meminimalisir cedera yang terjadi karena gerakan permainan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *