Jenis Bahan Yang Baik Untuk Baju Olahraga

Olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh. Karena melibatkan banyak sekali gerakan tubuh, maka dalam melakukan kegiatan tersebut dibutuhkan pakaian khusus yang dapat menunjang aktivitas olahraga. Untuk melakukan aktivitas olahraga, minimal pilihlah baju yang memiliki daya serap keringat cukup baik tetapi tidak membuat basah dan berat saat digunakan untuk berolahraga. Sebab penggunaan baju olahraga yang tidak menyerap keringat dapat menimbulkan gangguan pada kulit dan membuat pori-pori kulit tidak dapat bernafas. Pilihlah pakaian olahraga yang terbuat dari bahan berpori. Tujuannya untuk membantu pendinginan tubuh ketika memulai aktivitas olahraga. Hindari penggunaan baju berbahan karet atau plastik karena tidak memiliki fungsi untuk menyerap keringat dan panas.

Sebelum memutuskan untuk memilih pakaian olahraga, ada baiknya jika anda menyimak terlebih dahulu pembahasan mengenai beberapa pilihan jenis bahan kain yang baik untuk baju olahraga dan biasa dipergunakan untuk membuat pakaian olahraga. 

  • Kain Lotto Kain lotto merupakan sejenis bahan kain bertekstur lembut dan halus yang memiliki tingkat ketebalan seperti bahan cotton. Bahan kain ini sering dipakai sebagai bahan pembuatan kaos olahraga untuk team sepak bola maupun celana training.
  • Kain Paragon Kain paragon merupakan sejenis bahan kaos dari keluarga polyester yang biasa digunakan sebagai kostum olahraga bagi para pecinta basket. Karakteristik bahannya cenderung sukar menyerap keringat namun memiliki tekstur yang sedikit tebal dan fleksibel jika digunakan.
  • Kain Wafer Sesuai dengan namanya kain wafer dapat dideskripsikan sebagai salah satu jenis kain yang memiliki pola berbentuk wajik pada bagian permukaannya. Bahan kain ini biasa digunakan sebagai seragam bola atau futsal.

    Baca Juga: Informasi Harga Baju Olahraga Terbaru, Januari 2017

  • Kain Adidas Kain adidas yang memiliki karakteristik sedikit tebal, halus di permukaan depan, dan bagian dalamnya tidak berbulu biasa gunakan untuk membuat sweater, jaket, dan pakaian olahraga yang bertajuk sporty seperti pada produk-produk adidas sehingga disebut bahan adidas.
  • Kain Hyget Kain hyget merupakan sejenis bahan kaos yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Bahan hyget terbaik yang banyak digunakan untuk membuat kaos-kaos olahraga seperti kaos bola, kaos futsal, dan kaos voli yaitu berupa hyget serena.
  • Kain Diadora Kain diadora yang biasa digunakan sebagai pakaian olahraga, memiliki sifat bahan yang mengkilap ketika terkena sinar matahari sehingga menimbulkan kesan mewah meskipun harganya tidak terlalu mahal. 
  • Kain Spandek Kain spandek yang bertekstur licin, ringan, sangat lentur, dan mengkilat sangat sesuai jika digunakan sebagai bahan utama pembuatan pakaian renang, aerobic, yoga, dan celana balap sepeda.

Selamat memilih bahan dan selamat berolahraga semua

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *