Jenis Sepatu Futsal

Futsal adalah salah satu olah raga yang sedang naik daun saat ini, khususnya untuk yang berada di kota besar. Olah raga yang satu ini biasanya dilakukan di dalam ruangan dengan ukuran setengah dari lapangan sepak bola biasanya. Selain lapangan untuk bermain futsal, salah satu penunjang untuk bermain futsal adalah sepatu futsal. Ternyata di dalam sepatu futsal ini terbagi atas beberapa varian tipe. Dimana untuk tiap – tiap tipenya memiliki fungsi tersendiri. Berikut ini adalah jenis sepatu futsal berdasarkan tipenya, antara lain:

  • Macam – Macam Sepatu Futsal Berdasarkan Lapangan

Sebenarnya lapangan futsal memiliki berbagai jenis permukaan lapangan, seperti vinyl, sintetis, plastik, dsb. Namun secara umum jenis lapangan tersebut dapat dibagi menjadi 2, yaitu lapangan sintetis dan non-sintetis.

  • Lapangan Sintetis

Sepatu yang cocok dipakai pada lapangan futsal sintetis adalah sepatu yang memiliki gerigi atau yang biasa disebut dengan pull pendek pada bagian solnya atau biasa disebut turf dan artificial grass. Hal ini dimaksudkan agar teman-teman tidak merasa licin saat bergerak di atas permukaan sintetis. Dengan demikian kita dapat merasakan nyamannya melakukan dribbling di lapangan jenis ini. Tetapi ingat, jangan menggunakan sepatu jenis ini di lapangan kayu atau semen, karena nanti geriginya menipis dan akan terasa licin.Sepatu dengan pull yang pendek dapat kita temukan pada berbagai merk sepatu futsal yang banyak beredar di berbagai toko atau mall.

  • Lapangan Non Sintetis

Sepatu yang cocok digunakan untuk bermain futsal pada lapangan non sintetis atau lapangan semen atau dari kayu adalah sepatu dengan alas terbuat dari karet tanpa pull. Sepatu dengan jenis ini memiliki cengkeraman yang kuat pada lapangan non sintetis, sehingga dapat mengurangi resiko terpeleset dan membuat anda leluasa bergerak ketika bermain futsal pada lapangan non sintetis.

Baca Juga: Klik Di Sini Harga Sepatu Futsal Paling Terbaru, Januari 2017

  • Sepatu Futsal berdasarkan tipe
  • Tipe Shooter

Jenis sepatu tipe shooter ini khusus untuk mereka yang hobby menendang bola yang berasal dari jarak dekat bisa pula dengan menendang dari jarak jauh. Sepatu ini sangat sesuai sekali digunakan untuk mereka yang suka bermain futsal yang presisi dengan kaki pengguna. Dan sepatu ini sangat bagus sekali untuk digunakan mengantisipasi adanya perubahan posisi kaki saat akan melakukan shooting menuju ke arah gawang. Sehingga power nya pun tetap terjaga maksimal, dan akurasi tendangannya pun menjadi lebih maksimal.

  • Tipe Passer

Sepatu futsal yang satu ini cocok sekali untuk anda yang memiliki gaya bermain dengan cara lebih sering memberikan sebuah umpan ke pemain lain atau sebagai kreator serangan ke tim lawan.

  • Tipe Controller

Sementara untuk sepatu futsal tipe controller ini digunakan untuk mereka yang berfungsi sebagai play maker dan gelandang. Karena sepatu ini sangat mudah sekali untuk mengontrol bola di lapangan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *