Macam-macam Bahan Kaos Jersey dan Perbedaannya

Kaos jersey merupakan salah satu jenis kaos yang banyak digunakan untuk dipakai sehari-hari, terutama untuk berolahraga. Melakukan olahraga menggunakan jersey tentu terasa nyaman. Beragam model, desain dan konsep jersey dijual di pasaran secara luas untuk berbagai kebutuhan. Namun rupanya, ada banyak jersey yang dijual dengan beraneka ragam bahan yang berbeda sehingga mempengaruhi kualitas dan kenyamanan pemakaiannya. Masing-masing bahan tersebut memiliki karakter serat maupun tekstur yang berbeda, jadi daya tahan penggunaan dan harganya pun beragam. Berikut ini beberapa macam bahan kaos yang biasa dijadikan sebagai jersey dan masing-masing perbedaan karakternya, yaitu:

  • Bahan dryfit.

Bahan jersey yang satu ini biasa juga disebut dengan istilah eleyet. Bahan dryfit menjadi salah satu jenis bahan jersey yang paling banyak disukai dan digunakan oleh berbagai produsen. Pada dasarnya, bahan dryfit merupakan perpaduan antara berbagai jenis bahan seperti polyester, nilon dan spandex sehingga tekstur yang dimiliki merupakan kombinasi antara ketiga jenis kain yang dipadukan. Biasanya jersey berbahan dryfit digunakan untuk membuat seragam sepak bola, basket dan lain sebagainya di sekolah-sekolah. Sebab, jersey dryfit cenderung memiliki daya serap yang tinggi, lentur dan tidak panas sehingga begitu nyaman dikenakan untuk berolahraga.

  • Bahan hyget.

Bahan jersey yang satu ini banyak digunakan untuk produksi jersey grade ori karena mempunyai sirkulasi atau pori-pori yang baik. Hal tersebut memungkinkan pengguna tidak akan merasa kepanasan saat memakai jersey berbahan hyget, khususnya ketika sedang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Secara garis besar, jersey berbahan hyget dibedakan menjadi dua jenis, yaitu salur dan serena. Keduanya memiliki karakter yang sama, kualitas yang sama dan tekstur permukaan yang sama pula. Hanya saja, bahan hyget salur dan serena memiliki perbedaan pada bagian polanya. Hyget salur cenderung mempunyai pola yang mudah dikenal dalam bentuk garis lurus yang tersusun dan searah.

Baca Juga: Ciri-ciri Kaos Arsenal Grade Ori Berkualitas

  • Bahan waffer.

Jenis bahan kaos jersey ini dinamai waffer karena tekstur permukaannya yang terlihat kotak-kotak, mirip dengan tekstur wafer. Bahan ini dijadikan sebagai salah satu material jersey karena memiliki tekstur yang lembut dan cukup lentur. Bukan hanya itu saja, pemakaian jersey berbahan waffer juga nyaman dipakai karena mempunyai sirkulasi yang bagus. Itulah sebabnya bahan yang satu ini cukup baik untuk dijadikan bahan jersey tertentu.

  • Bahan paragon.

Jersey berbahan paragon biasanya memiliki kualitas hasil sablon yang amat baik. Permukaan bahan yang mengkilat menonjolkan sisi elegan pengguna ketika memakai jersey. Hanya saja, bahan jersey yang satu ini bukanlah jenis bahan jersey yang tepat untuk dipakai berolahraga karena daya serapnya minim. Memakai jersey berbahan paragon hanya akan menimbulkan rasa panas dan tidak nyaman karena cukup tebal dan tidak memiliki sirkulasi yang baik. Pemakaian jersey berbahan paragon hanya cocok untuk kebutuhan gaya fashion yang sporty.

Itulah beberapa macam bahan yang biasa dipakai sebagai material utama pembuatan kaos jersey. Tidak semua bahan cocok dipakai olahraga sehingga Anda wajib memperhatikan, mengamati serta memilih kaos yang tepat sesuai kebutuhan masing-masing sebelum membeli. Perhatikanlah bahan dari kaos tersebut agar mendapatkan kualitas yang terbaik. Di samping itu, jangan lupa perhatikan ukuran dan budget masing-masing sehingga jersey yang diinginkan dapat dicari dengan mudah dan dibeli sesuai ekspektasi. Pasalnya, berbagai pilihan jersey dibanderol dengan harga yang berbeda, tergantung dari variasi bahan, kualitas dan keasliannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *