Manfaat Lari Tanpa dan Menggunakan Sepatu Lari

Lari menjadi salah satu olahraga yang paling murah yang dapat dilakukan setiap harinya. Anda tidak perlu tempat khusus untuk dapat berolahraga lari karena Anda dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja. Lari umumnya menggunakan sepatu lari namun ada yang lebih memilih tidak menggunakan sepatu tersebut. Banyak perdebatan mengenai apakah lari lebih bagus tanpa mengenakan sepatu atau dengan mengenakan sepatu.

Lari dengan bertelanjang kaki ataupun menggunakan sepatu, memiliki manfaat tersendiri. Jika bertelanjang kaki, kaki Anda akan merasa lebih bebas dan dapat menghasilkan gerakan yang lebih mengaktifkan otot karena bersentuhan langsung dengan tanah sehingga membuat sirkulasi darah ke jantung menjadi lancar. Jika sirkulasi menjadi lancar maka Anda dapat mengurangi stress dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, manfaat berlari tanpa menggunakan alas kaki menurut filosofi kuno, Chie dapat terserap ke dalam tubuh lebih banyak karena kaki bersentuhan langsung dengan bumi. Menurut Prof Hembing Wijayakusuma, pakar pengobatan tradisional, tekanan batu di telapak kaki dapat memberikan rangsangan bioelektrik ke tubuh yang berkaitan langsung dengan titik syaraf telapak kaki. Manfaat lain yaitu

  • Mengurangi cidera di pergelangan kaki, lutut dan pinggang.
  • Menguatkan struktur tulang kaki.
  • Mencegah perubahan bentuk kaki.

Sedangkan jika berlari menggunakan sepatu, juga terdapat manfaat yang bisa Anda peroleh. Pertama adalah meningkatkan stabilitas karena kekuatan pada tendon dan ligamen dapat berfungsi dengan baik terutama jika Anda berlari dalam jarak yang cukup jauh misalnya untuk melakukan maraton. Kedua adalah melindungi otot kaki. Hal tersebut dikarenakan saat sedang berlari, otot kaki akan menerima beban tubuh hingga 5 kalinya. Memaksa untuk tubuh bergerak di permukaan yang keras misalnya di jalanan yang beraspal akan membuat otot menjadi mudah tegang sehingga dapat menimbulkan cidera kaki yang serius.

Manfaat lainnya dari penggunaan sepatu lari saat berolahraga adalah:

  • Mencegah cidera pada kaki sehingga benturan yang timbul saat Anda sedang berlari terutama di jalan atau track yang permukaannya keras membuat kaki lebih rawan cidera misalnya terkilir. Untuk mengatasinya, maka pilih jenis sepatu yang memiliki bantalan yang sesuai dengan jenis track lari.
  • Tidak merubah bentuk kaki. Kebiasaan berlari ataupun berjalan dengan telanjang kaki akan mempengaruhi bentuk fisik pada kaki serta warna kulit kaki yang ikut berubah. Dengan menggunakan sepatu untuk lari, maka kaki dapat terlindungi dari paparan sinar matahari dan mencegah perubahan bentuk pada kaki.
  • Mencegah luka yang terjadi pada kaki misalnya karena batu yang tidak sengaja dipijak atau benda yang tajam yang dapat melukai kaki.

Jika Anda memilih untuk bertelanjang kaki, maka perhatikan pada posisi kaki saat memijak tanah sehingga dapat mengurangi tanah. Demikian informasi terkait dengan penggunaan sepatu lari dan semoga bermanfaat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *