Manfaat Menggunakan Baju Senam

Setiap olahraga memiliki aturan khusus, termasuk pakaian yang digunakan. Saat seseorang main basket, pakaian yang digunakan sudah pasti berbeda dengan pakaian saat main tenis. Hal yang sama berlaku untuk kegiatan senam, ada baju senam yang seharusnya dipakai untuk memberi hasil yang maksimal. Meski banyak yang menjual baju senam, banyak juga wanita yang malu memakai baju senam dengan berbagai alasan. Pakaian yang digunakan untuk menggantikan baju senam biasanya adalah kaus pas badan atau kaus oblong dan celana pendek. Ada juga yang memakai tank top atau kaus tanpa lengan yang mirip dengan baju senam, padahal bukan baju senam. Memang kelihatannya sepele dan tidak memberikan bahaya apapun jika Anda tidak memakai baju senam saat sedang melakukan senam. Namun tahukah Anda, ada banyak manfaat dari baju senam. Walaupun harus mengeluarkan uang lebih untuk membelinya, manfaat yang didapat sepadan dan tidak membuat senam yang Anda lakukan sia-sia.

Sebelum membahas manfaat dari memakai baju senam, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli baju senam :

  • Pilih pakaian dengan ukuran yang tidak terlalu ketat (tepat sesuai dengan ukuran tubuh namun masih sedikit longgar) dan elastis yang dapat memberikan ruang untuk bebas bergerak saat olahraga, terutama saat latihan aerobik. Sebagai pilihan, spandex merupakan jenis bahan yang elastis.
  • Pilih pakaian dengan bahan berpori yang penting untuk membantu pendinginan tubuh selama berolahraga. Anda dapat mencoba bahan dari nilon yang lebih berpori dan hindari pakaian dari bahan karet atau plastik.
  • Pilih pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat dari tubuh, namun tidak menjadi basah dan berat setelah menyerap keringat. Jenis material seperti ini disebut sebagai wicking materials. Saat ini sudah tersedia bahan dari serat sintetis (synthetic fiber) seperti polypropylene yang didesign khusus untuk olahraga.
  • Saat berolahraga di luar ruangan pada siang hari, pilih pakaian dengan warna cerah. Pakaian dengan warna gelap cenderung menahan sinar matahari.
  • Gunakan sepatu dan kaos kaki yang dapat menopang tumit dan kaki dengan baik. Saat ini, sudah tersedia pilihan sepatu sesuai dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Kaos kaki dengan bahan campuran katun (cotton-poly) bisa menjadi pilihan.
  • Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan dapat menopang beban tubuh dengan baik. Well, sekarang nggak bingung lagi deh pilih pakaian olahraga yang nyaman di tubuh. Tentunya makin semangat berolahraga demi mendapatkan tubuh langsing ideal.

    Baca Juga: Memilih Baju Senam Yang Tepat

Sedangkan manfaat yang akan Anda nikmati jika menggunakan baju senam berkualitas adalah :

  • Membuat Suhu Tubuh Tetap Dingin
  • Baju senam yang baik dan berkualitas dirancang untuk menjaga tubuh Anda tetap dingin dan stabil.
  • Membuat Gerakan Lebih Fleksibel
  • Baju Senam Mengikuti Gerakan Tubuh Wanita

Dengan banyaknya manfaat memakai baju senam, rasanya tidak ada lagi alasan untuk malu atau tidak percaya diri. Baju senam yang dirancang ketat memang berfungsi untuk membuat gerakan senam lebih maksimal, membuat tubuh Anda nyaman, mencegah iritasi kulit dan membuat Anda lebih fun selama senam berlangsung.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *