Memilih Sepatu Lari yang Aman di Berbagai Lintasan

Lari merupakan salah satu kegiatan yang menyehatkan. Berlari dapat dijadikan sebagai salah satu hobby sekaligus olahraga yang bisa dilakukan untuk mengisi hari libur, terutama di pagi hari atau sore hari. Ketika berlari, orang akan cenderung mengeluarkan banyak keringat, sebab seluruh anggota tubuh akan dilibatkan ketika berlari, mulai dari kaki, tangan, hingga semua anggota badan akan merasakan getaran ketika berlari. Tidak heran jika kegiatan ini memang menyehatkan. Salah satu alat atau perlengkapan yang digunakan ketika berlari adalah sepatu. Sepatu akan melindungi kaki ketika berlari dari bahaya menginjak benda-benda tajam atau keras di jalan atau lintasan lari. Sepatu untuk olahraga lari diproduksi dengan berbagai macam jenis. Namun, tidak semua sepatu olahraga cukup aman untuk digunakan. Berikut ini adalah ulasan tentang cara memilih sepatu lari yang aman digunakan di berbagai lintasan.

  • Bagian Heels Dilengkapi dengan Fitur Anti Slip

Tidak semua sepatu lari difasilitasi dengan heels atau alas bagian paling bawah yang berkualitas, yaitu yang tangguh di semua lintasan. Salah satu fitur unggul yang disematkan pada sepatu lari adalah fitur anti slip, yaitu fasilitas anti licin yang mampu menghindarkan penggunanya dari terpelesat ketika melintas di jalanan yang basah, atau ketika melintas di jalanan yang tidak rata. Fitur anti slip merupakan alas yang memiliki cengkeraman yang kuat, dan cocok digunakan di berbagai medan lintasan, baik lintasan rata, licin, maupun medan berbatu.

  • Pilih Permukaan Sepatu yang Datar

Banyak sekali jenis sepatu olahraga, khususnya untuk olahraga lari, yang didesain dengan heels atau permukaan bawah yang tidak datar, misalnya lebih tinggi di bagian tumitnya, atau didesain tinggi sebelah untuk memberikan ruangan dan menjadi penopang bagi bagian sisi dalam kaki. Jika digunakan untuk berlari, sepatu yang permukaannya tidak datar justru sangat berbahaya, dan berpotensi membuat penggunanya rentan mengalami keseleo dan cepat lelah ketika berlari. Maka sebaiknya, pilihlah sepatu yang permukaannya datar, atau bagian alasnya didesain standar.

Baca Juga: Informasi Harga Sepatu Olahraga Lari Pria Terkini, Februari 2017

  • Perhatikan Bahan Bagian Tumit Belakang

Ketika berlari, bagian kaki yang sangat rentan mengalami gesekan dan gampang lecet adalah bagian tumit belakang. Bagian ini akan sering bergesekan dengan sepatu. Maka ketika memilih sepatu, pastikan bagian tumit belakang sepatu dibuat dari bahan yang lembut, atau dilapisi dengan buntalan busa yang empuk, agar ketika berlari, kita bisa nyaman dan tidak khawatir akan mengalami lecet.

  • Pilih Ukuran yang Pas di Kaki

Banyak orang yang cenderung memilih sepatu yang ukurannya lebih kecil dari ukuran kakinya agar lebih mencengkeram ketika berlari, sehingga larinya akan lebih kencang. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sepatu yang terlalu sempit tidak akan memberikan ruang bagi kulit kaki untuk bernafas. Begitu pula dengan sepatu lari yang terlalu besar akan rentan terlepas sehingga berbahaya jika digunakan untuk berlari. Pilihlah sepatu yang benar-benar pas demi kenyamanan dan keamanan ketika berlari.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *