Mengapa Baju Futsal Umumnya Longgar? Berikut 4 Alasannya!

Sebelum melakukan suatu olahraga maka dipastikan Anda atau siapapun akan menyiapkan berbagai perlengkapan yang diperlukan. Bagi yang suka dengan olahraga futsal selain menyiapkan sepatu tentunya juga membeli baju futsal untuk menunjang kegiatan olahraga satu ini. Futsal merupakan olahraga sepak bola yang dilakukan di dalam ruangan, aturan permainan dan trik dalam merebut ataupun mempertahankan bola hampir sama persis. Maka desain sepatunya pun sekilas tidak memiliki perbedaan, demikian pula dengan baju yang dikenakan oleh para pemain.

Alasan Baju untuk Futsal Idealnya Longgar?

Olahraga dalam bentuk permainan, seperti futsal, sepakbola, badminton, dan sejenisnya memiliki pakaian khusus yang dibuat longgar. Berbeda jika Anda memilih menikmati olahraga senam, gym, pilates, dan sejenisnya maka dianjurkan memakai baju ketat. Ada beberapa alasan yang membuat baju ini dibuat longgar, diantaranya adalah:

  • Memudahkan tubuh mudah untuk bergerak,

Baju yang longgar para pemain futsal akan membantu tubuh bergerak dengan leluasa dan juga nyaman. Sebab memakai baju yang ketat berdampak kurang nyaman karena olahraga ini menuntut tubuh bergerak lebih banyak dan cepat, tidak perlahan seperti pada senam apalagi yoga.

  • Menghindari kepanasan dan kebanjiran keringat,

Baju longgar pada baju futsal selain membantu menjadikan tubuh mudah bergerak juga memastikan sirkulasi udara berjalan baik. Tentunya baju yang dipakai terbuat dari kain dengan pori-pori yang bisa dilihat mata telanjang. Maksudnya disini untuk mengurangi pembentukan panas oleh tubuh sehingga meminimalkan produksi keringat. Pasalnya ketika tubuh kebanjiran keringat maka akan malas untuk berlari-lari mengejar bola futsal. Permainan ini pun tidak lagi terasa menyenangkan, maka pilih baju yang ukurannya agak longgar namun bukan kedodoran.

Baca Juga: Mendapatkan Baju Futsal yang Nyaman dengan Cara Ini!

  • Melancarkan peredaran darah,

Gerakan badan yang tidak dibatasi oleh ukuran baju membuat peredaran darah di dalam tubuh berjalan dengan baik. Anda tentu tidak menghendaki tiba-tiba pingsan di tengah lapangan ketika asyik mempertahankan bola dari serangan lawan. Maka jangan sampai memilih baju yang terlalu ketat untuk bermain futsal, sehingga bebas keringat berlebih, badan pun tidak nyeri karena gerakan tidak memiliki batasan. Resiko cedera pun terhindarkan berkat ukuran baju yang tidak mencekik otot-otot di badan.

  • Tubuh terasa lebih ringan,

Memakai baju yang ketat memang bisa membuat tubuh terasa lebih berat, karena gerakan tangan maupun badan secara keseluruhan terbentur batasan. Anda tentu tidak ingin kesulitan berlari dalam bermain futsal. Maka dianjurkan sekali untuk memakai busana yang tidak hanya bahannya nyaman namun juga memiliki ukuran yang tidak terlalu ketat. Dijamin tubuh pun bergerak lebih ringan efeknya tentu saja gerakan merebut bola semakin lincah dan gesit. Kesempatan untuk menang dalam permainan futsal semakin besar, berkat pemilihan baju futsal yang tepat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *