Home Tips dan Trik Mengenal 3 Jenis Bola Basket yang Banyak Tersedia di Pasaran

Mengenal 3 Jenis Bola Basket yang Banyak Tersedia di Pasaran

by Chloe Hughes

Kalau suka dengan olahraga atau permainan basket dijamin akan tertarik menyediakan bola basket di rumah. Bola untuk olahraga basket ini sekilas tidak memiliki perbedaan dengan bola untuk olahraga lainnya, sebut saja sepakbola. Namun kalau diperhatikan dari dekat maka dijamin akan menjumpai perbedaan yang signifikan. Sebab bola untuk basket ini biasanya terbuat dari beberapa lapisan bahan, paling luar biasanya memakai bahan kulit, baik kulit asli maupun sintetis. Pemiliknya tentu perlu merawat bola ini dengan baik karena harganya tidak murah.

Mengenal Jenis-Jenis Bola untuk Olahraga Basket

Supaya lebih mudah memberikan perawatan yang tepat agar awet sehingga tidak membuang uang terlalu banyak, lantaran cepat rusak. Maka pilih bola khusus basket yang tepat dan ketahui dulu jenisnya yang tersedia di pasaran berikut ini:

  • Bola dari material kulit asli,

Bola untuk olahraga basket yang paling mahal sekaligus dikenal yang paling bagus mutunya adalah yang terbuat dari kulit asli. Biasanya bola ini dilapisi material kulit yang diambil dari kulit sapi sehingga teksturnya lebih lunak dan nyaman ketika menyentuh telapak tangan. Tidak heran jika harganya mahal.

Di Indonesia sendiri bola basket bermaterial full kulit asli ini hanya dipakai sesekali untuk pertandingan nasional dan internasional, misal saat PON atau Sea Games. Penggunaannya pun terbatas untuk basket yang dilakukan di dalam ruangan karena memang tidak tahan dengan panas. Apabila memiliki lapangan basket di luar ruangan maka akan menjadi kesalahan kalau memakai bola dari bahan kulit asli ini. Sebab dijamin mudah rusak meski sudah diberikan perawatan secara teliti dan mendetail, maka jangan asal beli saja.

Baca juga tips dan trik cara bermain bola basket bagi para pemula. Lihat selengkapnya di tokolahraga.com

  • Bola yang menggunakan PU leather,

Pilihan kedua untuk membeli bola khusus olahraga basket adalah bola yang memakai material kulit sintetis. Toko perlengkapan olahraga sering menyebutnya PU leather karena tidak lagi memakai kulit asli melainkan kulit buatan. Meskipun dari segi kualitas dan kenyamanan saat dipakai bermain masih kalah dengan kulit asli namun lebih tahan lama. Asalkan dirawat dengan baik, dan keunggulan lainnya adalah bola dengan material sintetis ini aman dipakai di dalam maupun luar ruangan. Kebanyakan sekolah-sekolah memakai bola jenis ini.

  • Bola berbahan PVC,

Pilihan ketiga atau yang terakhir adalah bola untuk basket yang memakai bahan PVC, bahan ini juga merupakan bahan sintetis. Sekilas tampilannya tidak berbeda jauh dengan material kulit asli namun teksturnya lebih keras. Justru karena lebih keras inilah maka membuatnya jauh lebih awet dan tentunya bisa didapatkan dengan biaya yang lebih ringan. Banyak dijadikan pilihan untuk menyediakan bola basket di rumah sehingga bisa dipakai bermain bersama teman-teman di dekat rumah, yakni tetangga sendiri.

Baca Juga:   Tips yang Bisa Anda Terapkan untuk Memilih Cleat Sepatu Bola Terbaik

Artikel Lainnya

1 comment

frolep rotrem October 28, 2020 - 5:44 pm

I don’t usually comment but I gotta admit thanks for the post on this amazing one : D.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More