Home Jersey Bola Mengenal Beberapa Level Liga Indonesia yang Akan Diadakan Pada Tahun 2018  

Mengenal Beberapa Level Liga Indonesia yang Akan Diadakan Pada Tahun 2018  

by Chloe Hughes

Olahraga sepak bola memang menjadi olahraga terfavorit oleh seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Masing-masing negara pasti memiliki perlombaan atau liganya sendiri untuk mencari klub siapa yang paling terbaik dalam suatu negara dan dapat mengharumkan nama bangsanya. Di Indonesia pun setiap tahunnya pasti diadakan sebuah kompetisi atau yang sering disebut dengan liga yang melibatkan beberapa klub sepak bola dari seluruh Indonesia yang mewakili kota atau provinsi mereka masing-masing. Pada tahun 2018 ini, liga Indonesia pun akan diadakan dengan beberapa level. Level-level tersebut antara lain:

 Level 1

Level ini adalah sebuah kompetisi tertinggi untuk divisi sepak bola dan hanya bisa diikuti oleh 18 tim saja pada pertandingan tersebut. Level ini juga sering disebut dengan Indonesia Super League atau yang biasa disingkat dengan ISL. Pada kompetisi ini, 3 tim terbawah akan diikuti sertakan pada liga level 2. Kompetisi ini sudah dimainkan sejak tahun 2008 di Indonesia dan mampu untuk menarik minat para investor untuk memberi sponsor dalam acara pertandingan olahraga ini. Namun, pada tahun 2017 kemarin, pertandingan ini disebut sebagai Liga 1.

 Level 2

Level dari liga Indonesia ini statusnya berada dibawah level 1. Disini, hanya dapat diikuti oleh 24 tim dengan kasta kedua. Pada musim sebelumnya, Liga 2 ini diikuti sebanyak 60 tim. Namun, setelah didiskusikan, pada tahun 2018 ini hanya di menerima sebanyak 24 tim saja. Sebelumnya, pertandingan ini dinamakan dengan Liga ini Premier Division dan berubah menjadi Liga 2 pada tahun 2017, serta pertandingan yang satu ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1994 di Indonesia.

 Level 3

Liga level 3 ini ditargetkan mempunyai peserta sebanyak 40 tim saja yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Status dari liga ini pun berada di bawah liga 2. Disini, bagi yang tidak berhasil masuk kedalam 16 besar pada liga 2 akan ditransfer untuk kembali bertanding disini. Dulu, nama pertandingan ini adalah Liga di Indonesia First Division, namun diubah oleh pihak PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia pada tahun 2017 menjadi Liga 3. Pada tahun lalu, pertandingan ini memiliki tajuk Liga Nusantara, sedangkan untuk tahun ini belum ada berita atau kabar sama sekali dari pihak PSSI tersebut.

 Level 4

Liga Indonesia level 4 ini merupakan level paling dasar dari liga-liga yang ada. Sebelumnya, masyarakat bingung dengan keberadaan liga yang satu ini karena sebutannya pun sama dengan liga 3, yaitu Liga Nusantara. Namun pada tahun ini, liga level ini sudah diresmikan dan dinamakan dengan Liga 4. Pertandingan yang satu ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017 kemarin. Tahun ini, untuk banyaknya tim yang bertanding belum ditentukan secara spesifik.

Baca Juga:   Tips Memilih Tas Olahraga yang Berkualitas

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More