Mengenal Karakteristik Bahan Pada Baju Futsal

Minimnya lapangan luas untuk bermain sepak bola kemudian memunculkan sepak bola mini atau futsal. Dengan lapangan yang lebih kecil ditambah pemain yang lebih sedikit membuat futsal banyak digandrungi kaum muda, terutama para pria. Terlebih permainan futsal umumnya ada di dalam ruangan sehingga akan meminimalisir terkena paparan matahari yang membuat para pemainnya lebih nyaman. Untuk semakin membuat pergerakan selama permainan lebih lincah, maka baju futsal pun dikenakan dimana dibuat dengan bahan dan desain khusus agar para pemain lebih leluasa bergerak.

Untuk olahraga futsal ini, ada banyak sekali vendor yang menyediakan baju untuk futsal dengan merek-merek ternama mulai dari Specs, Adidas hingga Nike. Desain dan bahan yang dipakai pun yang terbaik sehingga penggunanya pasti akan merasakan kenyamanan lebih ketika memakainya. Pada dasarnya ada beberapa jenis bahan yang dipakai untuk membuat baju futsal dengan karakteristik masing-masing. Berikut ini beberapa jenisnya:

  • Bahan serena

Yang pertama ada bahan baju serena dimana sangat mudah untuk dijumpai di banyak toko olahraga di pasaran. Harga yang murah juga meningkatkan minat terhadap baju dengan bahan ini. Karakteristik dari bahan serena adalah bahannya lebih ringan dan tipis, namun tetap kuat. Meski begitu pengguna akan sedikit merasakan panas ketika memakainya karena bahan ini tidak mampu menyerap keringat. Jika disablon dan di bordir akan kurang bagus hasilnya.

  • Bahan paragon

Selanjutnya ada bahan paragon yang lebih jarang dijumpai di pasaran. Salur kain yang tebal membuat baju berbahan paragon ini cukup tinggi harganya. Meski begitu, Anda tidak akan kecewa dengan tampilan dari bahan baju ini. Karakteristik utama dari bahan paragon adalah kainnya mengkilap dengan bahan yang tebal. Selain itu, penyerapan keringatnya cukup baik. Dan yang lebih membuatnya semakin apik adalah sangat bagus ketika di bordir dan disablon sehingga akan awet hasilnya.

  • Bahan futsal dry fit

Baju berbahan satu ini umumnya adalah bahan yang dipakai untuk merek terkenal dimana menggunakan dry fit original. Meski begitu, sudah banyak tersedia dry fit kualitas lebih rendah di Indonesia sehingga harganya bisa lebih miring. Karakteristiknya adalah dari bahannya yang agak tebal namun tidak menyerap keringat. Ketika di bordir hasilnya akan bagus karena pori kainnya yang besar.

Dari karakteristik masing-masing bahan pakaian tersebut ada keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Yang penting dalam pemilihannya adalah disesuaikan dengan budget dan kenyamanan Anda. Untuk bahan yang umum digunakan namun tetap nyaman, Anda bisa memilih bahan paragon meski harganya agak tinggi dibanding yang lainnya. Baju futsal memegang peranan penting dalam permainan Anda nantinya karena baju bersentuhan langsung dengan kulit sehingga nyaman atau tidaknya akan sangat terasa.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *