Mengintip 4 Kriteria Baju Olahraga yang Baik dan Aman

Hidup sehat memang menjadi idaman semua orang dan untuk mendapatkannya usahakan memperbaiki gaya hidup. Jika selama ini merasa malas untuk pergi berolahraga maka buang jauh-jauh rasa malas tersebut, karena olahraga salah satu kunci hidup sehat. Beberapa orang merasa malas karena tidak punya teman, terlalu sibuk, atau alasan lain yang membuat kegiatan berfaedah ini diabaikan. Mulailah menumbuhkan niat untuk rajin berolahraga, misalnya membeli baju olahraga supaya lebih semangat untuk memakainya karena merasa sayang jika hanya tersimpan di lemari.

Intip Kriteria Pakaian Olahraga yang Baik

Dalam menjalankan kegiatan olahraga rupanya dianjurkan memakai pakaian khusus, sehingga ada perbedaan mencolok antara pakaian kerja dengan pakaian olahraga. Anda tentu paham maksudnya, intinya pakai pakaian yang benar untuk berolahraga yang ternyata wajib memenuhi beberapa kriteria berikut:

  • Terbuat dari kain yang berpori,

Kriteria utama dalam memilih pakaian olahraga adalah melirik jenis kainnya, diwajibkan mencari yang berpori. Kain berpori ini akan menjadi sirkulasi udara saat dikenakan terjaga dengan baik sehingga meski keringat bercucuran tubuh tetaplah nyaman.

  • Kain tidak terlalu berat maupun terlalu ringan,

Berat kain pada baju olahraga pun sangat wajib untuk diperhatikan sebab nantinya akan mempengaruhi tingkat kenyamanan. Beberapa jenis kain cenderung berat dan ada pula yang malah sebaliknya sehingga mudah melayang ketika tertiup angin. Kriteria kain yang nyaman dipakai berolahraga adalah yang beratnya pas, tidak berat ataupun terlalu ringan. Sebab pakaian ini punya fungsi melindungi jika terlalu berat akan memperlambat gerak badan. Sementara jika terlalu ringan dipastikan bahannya tipis, Anda tentu tidak ingin memamerkan aurat di tempat umum ‘kan?

Baca Juga: Memakai Baju Olahraga Saat Berolahraga Menghadirkan Efek Positif Berikut

  • Kain yang sifatnya elastis lebih baik,

Selama melakukan olahraga dipastikan tubuh akan banyak melakukan gerakan, dan supaya nyaman baiknya pakaian tersebut elastis. Pakaian elastis atau melar akan membantu badan bergerak tanpa batas sehingga bisa melakukan gerakan apapun sesuai instruktur atau pelatih. Inilah alasan banyak orang mengandalkan kaos karena selain nyaman juga agak melar sehingga aktifitas olahraga terasa lebih aman dan menyenangkan. Bahan yang elastis selain memberi kenyamanan nantinya juga menghindarkan resiko cedera.

  • Potongan baju tidak membatasi ruang gerak,

Selain dari segi karakter bahan yang elastis ada baiknya memperhatikan potongan baju tersebut, apakah memang mempermudah gerakan badan atau tidak. Sebab bisa jadi potongan bajunya kurang nyaman dan cenderung menyakiti saat tangan digerakkan dengan gerakan tertentu. Misalnya muslimah yang memakai baju panjang usahakan ukurannya longgar sebab lengan panjang bisa membuat gerakan tangan terbatas. Coba dulu baju olahraga yang akan dibeli sembari melakukan beberapa gerakan tertentu untuk memastikan apakah memang nyaman dan aman baru kemudian dibawa ke kasir.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *