Menilik 4 Manfaat dari Olahraga Renang yang Bisa Anda Rasakan

Olahraga renang barangkali sudah menjadi hobi bagi sebagian besar masyarakat modern seperti sekarang. Sebab termasuk jenis olahraga yang menyenangkan lantaran terjun ke dalam kolam air sehingga meski tubuh bergerak selayaknya olahraga jenis lainnya. Dijamin tidak berpeluh sehingga terhindar dari perasaan malas ataupun tidak nyaman dengan kelembaban dan bau badan usai berolahraga. Selain menyenangkan, rupanya olahraga air satu ini memiliki segunung manfaat tak hanya bagi kesehatan fisik namun juga kesehatan mental.

Menilik 4 Manfaat dari Olahraga Renang yang Bisa Anda Rasakan

Melirik Manfaat Olahraga Air Satu Ini

Olahraga air yang sudah dikenal dunia sejak dulu dan difavoritkan oleh banyak orang ini memang menarik untuk dilakukan secara rutin. Sebagai bonusnya Anda bisa merasakan beberapa manfaat berikut ini:

  • Mencegah resiko cedera pada sendi,

Saat menikmati olahraga ini maka bobot tubuh akan ditopang oleh air sehingga beban dari tulang dan sendi terangkat secara drastis. Meski bergerak dengan bebas namun otot bekerja dengan optimal dan nyaman, hasilnya tidak ada resiko cedera. Jadi, bagi Anda yang cemas mengenai faktor cedera sewaktu berolahraga bisa memilih olahraga air ini karena low impact atau resikonya minim.

  • Membantu melatih kardio,

Untuk melatih kardio maka olahraga renang sangat dianjurkan, sebab nyaman dan tentunya aman untuk semua kalangan bahkan balita dan lansia sekalipun. Ketika melakukan olahraga ini maka kepadatan tubuh akan meningkat karena diapit oleh zat cair. Sewaktu bergerak maju tubuh otomatis melawan beban yang dihadirkan oleh cairan di sekitarnya. Rupanya dengan olahraga inilah otot tubuh dan semua bagian tubuh bergerak dengan optimal sehingga kardio semakin membaik. Ucapkan selamat tinggal pada nafas putus-putus sewaktu berjalan jauh.

  • Menurunkan resiko stress,

Olahraga air ini bisa menjadi terapi kesehatan mental Anda, sebab ada salah satu terapi air dikenal dengan istilah floatation therapy efektif menurunkan tingkat stress yang akut sekalipun. Terapi ini dilakukan dengan memasukan seluruh tubuh, kecuali muka atau bisa semua bagian tubuh masuk ke air alias berendam. Inilah alasan mengapa orang yang berendam di bathtub bisa jauh lebih rileks setelah keluar darinya. Jadi teruslah melakukan olahraga air ini supaya segunung masalah dalam hidup tidak menimbulkan stress akut.

  • Membuka kesempatan menikmati pengalaman baru,

Ketika rutin melakukan olahraga air satu ini maka secara perlahan kemampuan menaklukkan air akan semakin berkembang. Anda bisa mendapatkan peluang atau kesempatan untuk menjajal pengalaman baru dengan keahlian tersebut. Yakni mencoba olahraga air lainnya, misal snorkeling, diving, dan sejenisnya yang bisa dilakukan di berbagai tempat indah di Indonesia dan seluruh dunia. Intinya dengan bisa renang seseorang bisa lebih menikmati hidup dan tidak khawatir dengan masalah phobia, jadi silahkan asah kemampuan satu ini!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *