Menilik Manfaat Olahraga dan Beberapa Olahraga Tradisional Indonesia yang Perlu Diketahui

Olahraga yang dikenal cukup banyak seperti sepak bola, golf, hoki, kriket, basket, tenis, tenis meja, voli dan masih banyak lagi. Di Indonesia ternyata terdapat beberapa olahraga tradisional Indonesia yang cukup membakar kalori, membutuhkan kecepatan dan juga keahlian tertentu. Beberapa olahraga asli Indonesia ini sudah mulai dilombakan pada ajang nasional maupun internasional. Sayangnya beberapa olahraga ini sudah mulai dilupakan seiring perkembangan teknologi.

 Menilik Manfaat Olahraga dan Beberapa Olahraga Tradisional Indonesia yang Perlu Diketahui

Berikut adalah manfaat olahraga bagi tubuh diantaranya:

  • Membuat hati menjadi senang, olahraga akan membuat beban pikiran hilang dan fokus terhadap permainan yang sedang dikerjakan.
  • Menyehatkan jantung, karena aliran darah ke jantung menjadi lancar dan biasanya orang yang jarang berolahraga lebih sering terkena penyakit jantung.
  • Membuat metabolisme tubuh meningkat, jika metabolisme terganggu maka berbagai penyakit kognitif seperti penurunan sistem otak dan kepikunan akan melanda.
  • Merampingkan tubuh, karena akan membakar kalori dan olahraga biasanya digunakan treat mil lemak yang ada di daerah panggul akan terbakar.
  • Menormalkan tekanan darah, tekanan darah tinggi menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan jika berolahraga pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah menjadi lancar.
  • Membakar kalori, kalori berlebih menjadi sumber berbagai penyakit sehingga berolahraga minimal 30 menit akan membakar kalori secara maksimal.
  • Menormalkan kadar kolesterol didalam tubuh, kolesterol menjadi biang penyakit yang berbahaya sehingga olahraga mampu membuat aliran darah ke jantung dan otak menjadi lancar

Olahraga tradisional Indonesia juga memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan menghindarkan seseorang dari penyakit osteoporosis. Mencegah terjadinya obesitas sehingga terhindar dari kegemukan dan mampu menjaga keseimbangan tubuh dengan baik. Mencegah insomnia dan membuat tidur lebih berkualitas dan keseimbangan hormon tetap terjaga. 

Berikut adalah olahraga asli Indonesia diantaranya: 

  • Pencak silat, diperkirakan perkembangannya sekitar abad ke 7 masehi, merupakan cabang bela diri yang berguna untuk mempertahankan diri.
  • Sepak takraw, ada pada zaman Kesultanan Malaka pada tahun 1400an dan berasal dari Sulawesi Selatan dengan permainan 2 regu masing-masing 3 orang.
  • Enggrang, yang populer pada anak-anak dengan permainan bambu panjang dengan ketinggian mencapai 2 meter dan mulai punah.
  • Karapan sapi, mirip dengan pacuan kuda biasanya menggunakan dua ekor kambing dan pembalap biasanya menempuh jarak 100 meter dan yang mencapai garis finish adalah pemenangnya.
  • Tarik tambang, biasanya membutuhkan beberapa orang, tali, dan garis penentu kemenangan, permainan ini mudah tidak membutuhkan biaya.

Olahraga tradisional Indonesia lainnya adalah bakiak yang tidak mengeluarkan banyak tenaga namun perlu kekompakan kaki untuk melangkah maju. Galah asin, merupakan permainan di lapangan terbuang dengan permainan untuk menghadang lawan masuk ke area hingga akhir dengan kecepatan dan strategi tepat. Phantol berasal dari Rembang dan biasanya yang bertanding diperlukan fisik yang prima.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *