Merawat Sepatu Basket

Pemain basket pasti ingin merasa nyaman ketika beraksi di lapangan. Selain skill yang hebat, salah satu penunjangnya adalah kenyamanan sepatu basket. Sebelum membahas cara merawat sepatu basket yang baik, Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih sepatu basket agar pada saat Anda bermain akan merasakan kenyamanan pada kaki Anda.

  • Pilih sepatu basket yang original

Ketika beli periksa bagian alas sepatu, sepatu basket yang bagus alasnya menggunakan karet matang, bukan plastic. Apabila plastik itu ditekan ke dalam pasti tidak akan terasa tekstur agak kenyal (cenderung keras). Ciri-ciri karet matang apabila digesek ke lantai akan mengeluarkan bunyi berdecit.

  1. Hati-hati saat membeli via online, biasanya kita jarang melihat kualitas, yang dilihat biasanya hanya bentuk luarnya yang bagus.
  2. Pilihlah sepatu yang ringan, agar tidak menghambat lari kita.

Pilih sepatu yang dapat meredam benturan. biasanya di bagian tumit sepatu terdapat semacam per, busa atau karet peredam benturan. Jika setelah memakai sepatu itu tumit terasa sakit, tandanya sepatu itu tidak punya peredam benturan.

  • Jangan selamanya terpaku oleh harga yang mahal

Kadang harga mahal itu tidak menjamin kualitas bagus, mungkin harga mahal karena merk sepatunya yang terkenal. Tapi yang utama itu kualitas, apalagi kalau kualitas bagus dan harga mahal.

  • Mengenai jenis sepatu high atau low, semua tergantung kebiasaan si pemain itu sendiri. Kedua jenis tersebut berbeda pada hal keamanan pada pergelangan kaki dan kecepatan bermanuver pemain saat melakukan gerakan-gerakan drive.

Sepatu basket yang kotor tentu membawa dan membuat kaki kamu terkena hal yang tidak diinginkan. Kotoran membuat sepatu terlihat tidak menarik, dan mempengaruhi kinerja saat basket secara keseluruhan, baik di dalam dan di luar lapangan basket. Kotoran dan tanah menyebabkan adhesi dan penumpukan gesekan pada saat berjalan. Hal ini menyebabkan sepatu untuk lebih cepat rusak. Membersihkan sepatu basket adalah proses sederhana yang dapat memperpanjang umur sepatu basket itu sendiri. Berikut tipsnya untuk merawat sepatu basket :

  1. Bersihkan noda kotoran dengan sikat atu spon menggunakan campuran air sabun hangat.
  2. Keringkan sepatu anda dengan menggunakan handuk. Pastikan anda menyekanya secara menyeluruh untuk menghindari jamur.
  3. Lepas sol bagian dalam sepatu, jika memungkinkan bersihkan menggunakan mesin cuci dengan sabun detergen biasa. Dan biarkan mengering dengan alami untuk menghindari penyusutan.
  4. Semir sepatu anda dengan sikat sepatu. Jangan semir secara berlebihan.
  5. Usap sepatu anda dengan olive oil menggunakan selembar kain yang halus. Ini akan membuat sepatu anda berkilau.
  6. Letakkan kembali sol bagian dalam begitu sepatu telah kering sepenuhnya. Dan beri sedikit bedak kaki untuk mencegah bau tak sedap.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *