Pertimbangkan Bahan Pakaian Ini untuk Memilih Baju Olahraga Khusus Wanita

Baju olahraga menjadi hal penting yang kerap disepelekan, terutama para wanita. Umumnya ketika berolahraga wanita menggunakan pakaian biasa sehingga kurang mampu memberikan kenyamanan seutuhnya. Pakaian olahraga berfungsi memberikan rasa hangat ketika cuaca sedang dingin dan memberikan rasa dingin ketika cuaca panas. Selain itu pakaian olahraga akan mampu menyerap keringat dengan maksimal sehingga Anda tetap leluasa bergerak.

Pada dasarnya, tanpa menggunakan pakaian olahraga yang sesuai, olahraga akan bisa berujung pada ketidaknyamanan secara fisik. Anda juga akan bisa mengalami kelelahan secara cepat dan bahkan sakit cedera dengan pemakaian baju yang keliru. Untuk itu, berikut ini beberapa bahan pakaian olahraga khusus wanita yang perlu Anda ketahui dan dipilih sesuai kebutuhan:

  • Bahan katun

Baju olahraga dengan bahan katun merupakan baju yang banyak direkomendasikan. Selain bisa menyerap keringat dengan maksimal, pakaian ini juga tidak akan menguapkannya kembali sehingga akan bertahan cukup lama di dalam serat pakaian. Itulah mengapa pakaian dengan bahan katun akan cenderung terasa berat ketika dikenakan setelah beberapa lama. untuk bahan katun ada baiknya digunakan untuk olahraga ringan seperti yoga.

  • Bahan sintetis

Pakaian olahraga dengan bahan sintetis umumnya dilengkapi dengan tambahan berupa sumbu yang bisa mempercepat keringat menguap langsung dari kulitnya. Umumnya, bahan pakaian ini memiliki kandungan polypropylene yang menjadikan baju untuk olahraga tidak sebasah bahan pakaian jenis lainnya meskipun tubuh sedang mengeluarkan keringat. Untuk aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, disarankan menggunakan pakaian jenis ini.

Baca Juga: Mengintip 4 Kriteria Baju Olahraga yang Baik dan Aman

  • Bahan plastik serta karet

Pakaian olahraga yang berbahan plastik atau karet ada baiknya untuk dihindari. Bahan ini menyusahkan tubuh untuk mendapatkan sirkulasi ideal sehingga suhu tubuh yang ada justru menjadi terlalu tinggi lantaran keringat yang seharusnya keluar tertahan di dalam tubuh. Dampaknya sirkulasi udara yang seharusnya lancar justru menjadi tidak lancar dan memerangkap keringat di dalam tubuh.

Selain bahan yang tepat, Anda juga harus memilih ukuran baju yang pas dengan tubuh Anda lantaran baju longgar akan membatasi pergerakan tubuh untuk berolahraga semakin aktif. Sedangkan baju yang terlalu ketat akan membuat Anda sulit bergerak karena baju yang kekecilan. Sebetulnya untuk longgar atau tidaknya baju bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Yang tidak boleh dilupakan oleh para wanita ketika berolahraga adalah dengan menggunakan bra khusus olahraga sehingga tetap nyaman karena dada mampu tersangga dengan baik. Itulah beberapa pertimbangan bahan dalam pemilihan baju olahraga yang bisa dijadikan pertimbangan. Pastikan untuk rutin berolahraga dan diimbangi dengan makan makanan sehat serta minum air putih dalam jumlah yang cukup sehingga tubuh tetap bugar dan sehat.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *