Pilihan 10+ Alternatif Olahraga Kardio Tanpa harus Mengikat Tali Sepatu

Meskipun Anda tidak ingin berlari, bersepeda atau menggunakan elliptical Anda tetap bisa melakukan kardio. Banyaknya pilihan gerakan kardio memungkinkan Anda untuk tetap melakukan gerakan kardio selain ketiga aktivitas tersebut. Banyak alternatif lain yang bisa Anda praktekkan yang mungkin akan lebih sesuai dengan keinginan Anda. Berikut 10+ alternatif olahraga kardio yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengikat tali sepatu.

Pilihan 10+ Alternatif Olahraga Kardio Tanpa harus Mengikat Tali Sepatu

  • Naik-turun tangga

Beberapa varian olahraga dengan Tangga bisa Anda lakukan dengan mendaki cepat dan lompat (melewati satu anak tangga) atau lompat menyamping (lateral high knee).

  • Lompat

Mulailah melompat dengan posisi cross jack dengan menyilangkan tangan dan kaki bergantian saat melompat. Opsi lain yang lebih mudah ialah dengan lompat-lompat kecil tidak lebih tinggi dari 5 cm.

  • Step up

Tempatkan kaki kanan di bangku. Gunakan otot pantat untuk mendorong tubuh ke atas hingga kaki lurus dan kaki kiri terangkat dari tanah. Turukan secara perlahan-lahan memungkinkan kaki kiri menjajak tanah disusul kaki kanan.

  • Circle Hop Squat

Lompatlah dan berputar ke kiri 180 derajat saat di udara sembari mengayunkan kedua tangan dari kanan ke kiri di atas. Mendarat perlahan dalam posisi jongkok.

  • Berenang

Berenanglah beberapa kali putaran seperti biasa. Atau bisa pula olahraga kardio dengan jogging di dalam air. Hal tersebut memberikan manfaat kardio yang sama seperti berlari di darat dengan resiko yang lebih ringan.

  • Skaters

Sedikit tekuklah lutut sebelum lompat ke kanan dengan kaki kanan. Mendaratlah dengan kaki kanan lalu ayunkan kaki kiri di belakangnya. Segera gunakan kaki kiri untuk melompat ke kiri  hingga seperti “terseret” ke belakangnya.

  • Fast Feet Shuffle

Tekuk lutut sedikit sebelum mendorong pinggul ke belakang. Seret kaki ke kanan 4 langkah, kemudian seret kembali ke arah sebaliknya. Gerakkan kaki secepat mungkin untuk hasil maksimal.

  • Tuck Jump

Tekuk lutut sedikit lalu lompat ke atas. Bawa lutut ke dada lalu rentangkan lengan lurus di depan dada. Turunkan lengan saat mendarat.

  • Inchworm

Bungkukkan tubuh dari pinggang lalu rangkakkan tangan berjalan ke depan. Segera rangkakkan kaki saat di posisi plank tinggi berjalan kembali ke arah kaki dan berdiri. Tingkatkan intensitasnya dengan push-up saat dalam posisi plank.

  • Plank-to-Knee Tap

Atur posisi plank tinggi lalu turunkan punggung. Selanjunya angkat pinggul ke atas sambil mengangkat tangan kanan menyentuh tulang kering kaki kiri. Ulangi pada bagian yang berlawanan.

  • Mountain Climber Twist

Mulai olahraga kardio ini dengan posisi  plank tinggi sambil mengencangkan otot perut. Silangkan lutut kearah kanan dalam posisi kaki seperti berlari menghampiri siku kanan. Ulangi pada arah berlawanan.

  • Long Jump With Jog Back

Berdirilah dengan lutut sedikit menekuk. Ayunkan lengan ke depan sambil melompat sejauh mungkin dengan kedua kaki. Setelahnya, jogging mundur secepat mungkin ke posisi awal dan ulangi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *