Sepatu Basket Terbaik

Setiap pemain basket sebaiknya menggunakan sepatu basket yang terbaik karena sepatu basket yang terbaik dapat mendukung performa latihan dan permainan secara optimal untuk mencapai hasil yang maksimal. Salah satu masalah utama yang masih cukup sering dihadapi pemain basket adalah kesulitan dalam mengetahui dan menentukan sepatu basket yang terbaik untuk dirinya. Selain itu terdapat anggapan-anggapan tidak tepat mengenai sepatu basket, yang masih diyakini oleh sebagian besar pemain basket (terutama di negara berkembang seperti Indonesia), misalnya sepatu basket yang terbaik adalah sepatu basket berteknologi mutakhir dan yang termahal, sepatu basket yang terbaik adalah sepatu basket signature series yang digunakan oleh atlet-atlet NBA, dan sebagainya. Sayangnya anggapan-anggapan yang keliru tersebut cukup sering membuat sebagian pemain basket pelajar dan amatir memaksakan diri untuk membeli sepatu basket yang terbaru dan termahal, yang sebenarnya mungkin kurang sesuai dengan kebutuhan. Sepatu basket yang terbaik adalah sepatu basket dengan konstruksi yang sesuai dengan karakteristik anatomi, karakteristik permainan, dan kebutuhan penggunaan dari masing-masing individu. Dengan demikian sepatu basket yang terbaik bersifat individual karena tergantung dari kesesuaian karakteristik konstruksi sepatu basket dengan karakteristik dan kebutuhan setiap individu pemain basket. Sehingga sepatu basket yang termahal maupun yang memiliki teknologi termutakhir belum tentu akan menjadi sepatu basket yang terbaik bila tidak memenuhi tiga syarat utama tersebut.

Dalam bidang persepatuan olahraga, tipe kaki dapat digolongkan secara sederhana menjadi tiga berdasarkan ukuran lebarnya, yaitu:

  • Ramping / narrow (B).
  • Sedang / standard / medium (D).
  • Lebar / wide (E).

Tipe kaki juga dapat digolongkan berdasarkan bentuk arkusnya, yaitu:

  • Arkus rendah / datar (flat / low arch).
  • Arkus normal (medium arch).
  • Arkus tinggi (high arch).

Baca Juga: Harga Sepatu Basket Merek Air Jordan Model Baru

Untuk design konstruksi sepatu basket pada umumnya dibuat sesuai dengan kecocokan ukuran kaki bertipe medium atau sesuai dengan ukuran pasar yang paling umum berdasarkan referensi dari masing-masing produsen sepatu basket. Selain itu beberapa produsen menggunakan bentuk model kaki para atlet pilihannya sebagai panduan desain konstruksi sepatu basket tertentu. Sehingga beberapa model sepatu basket signature series memiliki kecocokan ukuran yang berbeda dengan model-model sepatu basket pasaran pada umumnya, misalnya Nike Kyrie 1 yang memiliki area depan yang agak menyempit dan Adidas D Lillard 1.0 yang memiliki area depan yang agak lebar.

Produk sepatu basket pada umumnya tidak memiliki variasi desain konstruksi yang diperuntukkan bagi tipe kaki tertentu secara khusus. Satu-satunya cara yang paling akurat untuk mengetahui kecocokan konstruksi sepatu basket dengan karakteristik kaki masing-masing pemain basket adalah dengan mencoba berbagai model sepatu basket secara langsung untuk beraktivitas basket. Walau cara tersebut adalah yang paling akurat dalam menentukan sepatu basket terbaik, namun membutuhkan biaya yang cukup besar dan kurang disarankan bagi pemain basket non-profesional dan kalangan pelajar yang memiliki keterbatasan dana.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *