Strategi Sepak Bola yang Menjadi Andalan Para Pemain Bola Profesional

Thedrum

Siapa lelaki yang saat kecil tidak bercita-cita menjadi pemain bola? Mimpi tersebut memang merupakan mimpi yang dimiliki oleh hampir semua lelaki di dunia. Pemain bola seperti Cristiano Ronaldo dianggap sebagai sebuah profesi yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga keren dan membanggakan. Ya, para pemain bola yang juga merupakan pencetak gol terbanyak selalu memiliki kehidupan yang seolah sempurna: dikenal banyak orang, digilai banyak wanita, dan mendapatkan kontrak dengan nilai fantastis.

 

Namun, untuk menjadi pemain bola yang sukses dibutuhkan banyak hal. Selain latihan dalam jangka waktu lama, kamu juga harus menjaga badan, dan juga memahami strategi sepak bola yang baik. Nah, apa saja sih strategi yang sering digunakan dalam permainan sepak bola dan terbukti ampuh dalam menghadang lawan? Yuk kita simak satu per satu!

 

1.Strategi Tiki Taka (Posession Game)

Diperkenalkan oleh Pep Guardiola, strategi Tiki Taka merupakan strategi operan kecil bola dari satu kaki ke kaki lainnya. Tujuan dari strategi ini adalah untuk mengecoh lawan. Lawan pun kemudian akan terpancing untuk keluar.

 

Nah, strategi yang satu ini memang ampuh dalam melumpuhkan lawan karena lawan akan berfokus pada permainan kita dan menjadi tidak awas. Namun, kamu harus benar-benar konsisten dalam mengoper bola dari satu kaki ke kaki lain serta memiliki gerak refleks yang amat baik, karena bila tidak, bola malah justru bisa terenggut darimu.

2.Ginga

Masih ingat dengan olahraga Capoeira? Olahraga ini memadukan gerak bela diri dengan tarian, sehingga kamu pun tidak terlihat sedang melakukan pertahanan diri. Nah, strategi Ginga sendiri sebetulnya terinspirasi dari olahraga Capoeira.

 

Strategi ini dipakai oleh Timnas Brazil pada Piala Dunia 1958 dan 1962, sehingga mereka pun dapat menjuarai Piala Dunia secara berturut-turut. Permainan bola dianggap sebagai sebuah hal yang menyenangkan dan berseni, sehingga para pemain pun jadi lebih luwes dalam memainkan bola. Tidak ada tekanan, banyak kebahagiaan, itulah kunci kesuksesan strategi ini.

3.Long Ball

Buat pemain yang lebih suka bermain aman, strategi long ball amat cocok untuk dijadikan sebagai andalan. Strategi yang satu ini dilancarkan dengan cara sebagai berikut: saat pemain belakang menunggu para pemain lawan beraksi, pemain penyerang di bagian depan melakukan serangan balik. Kemudian, setelah itu bola diumpan jauh sampai ke depan.

 

Strategi ini memang terbukti efektif, hanya saja, untuk dapat menguasai permainan, penggunaan strategi ini terus menerus memang terlalu banal dan basi. Apalagi, bila kamu dan tim kurang fokus, strategi ini bisa membuat formasi tim-mu menjadi kacau.

4.Counter Attack

Buat kamu yang suka dengan tantangan dan permainan yang berisiko, strategi counter attack memang sangat cocok untuk kamu dan tim. Strategi ini dilakukan dengan cara menekan lawan habis-habisan pada daerah yang dikuasai oleh lawan. Bila lawanmu menggunakan ritme permainan yang lamban (Tiki Taka), strategi ini akan sangat cocok digunakan.

 

Namun, bukan berarti strategi ini bisa dilakukan tanpa risiko, lho. Apabila operan pertama kepada tim-mu terpotong, bisa-bisa strategi ini akan menjadi bumerang untukmu karena lawan akan memanfaatkan hal tersebut untuk menyerangmu balik.

 

Itulah beberapa taktik yang sering dilakukan para pemain bola profesional di lapangan hijau. Namun kamu harus ingat, taktik sehebat apapun tidak akan berarti tanpa latihan dan jam terbang tinggi. Maka, untuk menjadi pemain bola hebat, giat berlatih dan konsisten untuk bermain sepak bola adalah hal yang harus kamu lakukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *