Syarat Sepatu Lari yang Baik untuk Digunakan

Salah satu hobi yang bisa menambah tingkat kesehatan Anda adalah berlari. Dengan berlari secara rutin setiap hari, Anda bisa melatih otot-otot anggota gerak dan juga otot jantung. Namun berlari yang baik juga memiliki aturan tersendiri termasuk penggunaan sepatu lariSepatu yang didesain bukan hanya untuk melindungi kaki Anda dari jalanan namun juga memberi kenyamanan saat berlari sehingga Anda bisa berlari dengan baik dan memberikan manfaat bagi tubuh. Apa saja syarat sebuah sepatu dikatakan baik untuk pelari?

Sepatu untuk lari yang baik adalah yang memiliki alas cukup empuk terbuat dari sol karet sehingga bisa memberi tumpuan yang nyaman saat Anda gunakan untuk berlari baik jarak pendek maupun jauh. Tumpuan pada alas kaki sangatlah penting karena bagian bawah dari kaki Anda mengandung banyak pembuluh darah yang bisa saja mengalami luka saat menginjak bagian jalan yang tajam atau kurang rata. Karenanya banyak ahli medis yang menggunakan terapi pijat di bagian alas kaki, demikian juga sebuah sepatu untuk lari yang baik.

Pada bagian samping sepatu lari bisa terbuat dari karet atau bahan lain yang lembut dan juga empuk. Ketebalannya bisa disesuaikan dengan selera Anda asalkan memberi perlindungan yang optimal kepada mata kaki. Apabila terjadi benturan atau kecelakaan saat berlari, bagian samping dari sepatu diharapkan tetap dapat menjaga mata kaki dan alas kaki pada posisinya sehingga menghindarkan Anda dari terkilir. Ada 2 jenis sepatu yang banyak digunakan untuk lari yaitu:

  • Sepatu dengan sisi samping di bawah mata kaki.
  • Sepatu dengan sisi samping di atas mata kaki.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing terutama di segi perlindungannya pada kaki Anda dan aliran udara.

Ada berbagai macam pilihan sepatu lari yang berkualitas tinggi, baca selengkapnya di tokolahraga.com

Bahan yang digunakan pada sepatu juga bisa dijadikan prioritas pemilihan. Saat ini sudah banyak sepatu yang dibuat dari bahan yang banyak terdapat ventilasi udaranya seperti pemakaian bahan dengan aksesoris lubang atau jaring. Dengan begitu bagian kaki yang tertutup sepatu bisa mendapatkan aliran angin sehingga mencegah tumbuhnya jamur di kaki.

Itulah beberapa syarat sepatu lari yang baik digunakan terutama oleh Anda yang suka berlari setiap harinya. Jika Anda memiliki hobi berlari maka sebaiknya memiliki beberapa buah sepatu untuk digunakan secara bergantian untuk kepentingan perawatan sepatu. Gunakan juga sepatu yang memiliki ukuran pas dengan kaki Anda karena jika ukuran kesempitan akan menyebabkan kaki sakit saat digunakan berlari. Demikian juga jika sepatu terlalu longgar justru tidak bisa digunakan dengan baik. Pilihlah dan cobalah sepatu sebelum Anda membelinya dengan cara memakaikannya berlari, melompat dan berputar agar mendapatkan jenis sepatu yang paling nyaman untuk kaki Anda terutama untuk menemani Anda berlari.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *