Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Harus Diketahui

Permainan bola basket merupakan salah satu jenis olahraga yang membutuhkan pengetahuan dan insting untuk melakukan permainan dengan cepat dan benar. Untuk menekuni olahraga yang satu penguasaan teknik dasar permainan harus dikuasai. Beberapa teknik dasar permainan ini adalah dribbling, passing, catching, shooting, pivot, serta rebound. Jika Anda seorang pemula yang masih baru untuk permainan ini, perlu latihan secara rutin agar menguasainya.

 Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Harus Diketahui

Meskipun olahraga yang satu ini terbilang sangat rumit karena harus memasukkan bola ke dalam ring dan juga membawa bola dengan mendribble, namun beberapa orang memilihnya sebagai salah satu olahraga favorit di kala waktu senggang. Padahal jika kita menilik lebih jauh, banyak olahraga yang bisa dijalankan antara lain, sepak bola, futsal, senam, jogging, bulu tangkis, dll. Salah satu alasannya mungkin karena olahraga basket bisa dilakukan bersama teman atau tim, juga memerlukan ketangkasan, kecepatan, serta konsentrasi dalam penguasaan bola.

Bagi Anda yang ingin menekuni olahraga bola basket, setidaknya Anda harus menguasai lima teknik dasar permainan, diantaranya:

  • Dribbling.

Salah satu teknik dasar yang paling penting dalam basket adalah dribbling. Teknik yang satu ini memungkinkan Anda membawa bola dengan menggerakkan bola dengan cara memantulkan ke atas dan ke bawah di dalam lapangan. Teknik yang satu ini sangat membutuhkan keterampilan dalam mengontrol bola serta pengetahuan cara menggunakan tangan Anda untuk mengontrol bola tersebut.

  • Shooting.

Shooting yang berarti menembak adalah teknik dasar yang membutuhkan kemampuan Anda memegang bola dengan benar dan menembakkannya ke udara menuju ring sambil menghindari kawan main Anda yang berniat mengambil bola. Untuk mencetak poin Anda perlu melakukan shooting ke ring milik lawan, sehingga teknik yang satu ini sangat menentukan kalah menangnya permainan. Sebuah shooting yang tepat membutuhkan setidaknya akurasi lemparan yang tepat, gerakan lengan dan kaki. Trik shooting yang harus Anda pelajari bermacam-macam, mulai dari shooting sambil melompat, layups, dll.

  • Running.

Running atau berlari sangat diperlukan dalam permainan basket dan merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai. Untuk menyerang dan bertahan dari lawan, berlari dengan cepat sangat diperlukan, terlebih jika Anda sedang menguasai bola. Jika Anda berada di posisi pemain bertahan, Anda akan ditugaskan untuk mengejar dan menghalangi tim lawan yang akan memasukkan bola ke ring Anda sehingga lari yang gesit akan sangat diperlukan.

  • Passing.

Passing atau mengoper bola ke rekan tim yang lain merupakan salah satu teknik dasar permainan bola basket yang harus dikuasai. Olahraga yang menuntut kerjasama tim ini akan sangat berhasil menggempur pertahanan lawan dengan pendelegasian bola yang tepat lewat passing.

  • Jumping.

Teknik dasar yang terakhir ini sangat menentukan seberapa baik pemain basket tersebut. Jumping sangat diperlukan untuk mencetak poin pada ring lawan, serta berguna saat harus menangkap operan bola dari teman satu tim. Untuk pemain yang menjaga pertahanan ring dari ancaman lawan, kemampuan jumping sangat diperlukan untuk memblokir shooting dari tim lawan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *