Ternyata Begini Cara Memilih dan Merawat Bola Voley yang Paling Benar

Salah satu jenis olahraga yang belakangan ini mulai digemari oleh banyak orang adalah olahraga voli. Selain menyehatkan, bahkan olahraga yang satu ini juga sering disebut dapat mempercepat pertumbuhan tinggi badan. Jika Anda termasuk orang yang memiliki hobi olahraga voli, maka perlengkapan utama supaya olahraga ini dapat berjalan lancar adalah memilih jenis bola voley yang tepat. Saat ini ada banyak sekali jenis dan merek bola yang khusus untuk bermain olahraga voli dan telah dijual luas dipasaran. Oleh karena itu, Anda harus cerdas dan jeli saat memilihnya supaya bisa mendapatkan jenis bola yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 Ternyata Begini Cara Memilih dan Merawat Bola Voley yang Paling Benar

Karena nantinya bola voli tersebut akan sering digunakan, maka Anda harus memilih jenis bola yang awet dan nyaman saat digunakan. Namun , sekarang Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara memilih bola untuk bermain voli yang paling benar, yaitu:

  • Bola voli terbaik umumnya berbahan kulit, biasanya akan ditandai dengan kualitas kulit permukaan bagus yaitu yang kencang dan tidak ada keriput sama sekali.
  • Memilih warna bola yang mencolok juga akan lebih baik karena nantinya akan memudahkan pemain untuk melihat pergerakan bola selama pertandingan.
  • Pilihlah ukuran berat bola dengan bobot standar yaitu sekitar 9-10 ons.
  • Sebelum membeli bola voley, cobalah terlebih dahulu dengan memantulkannya ke lantai, jenis bola yang baik selalu dapat memantul lebih dari setengah ketinggian.

Selain cara di atas, memilih merek bola khusus olahraga voli yang sudah terkenal juga merupakan cara memilih yang tepat, karena jika merek tersebut sudah terkenal dan dipakai oleh banyak orang itu berarti produk bola voli yang telah dirilis oleh merek tersebut memang memiliki kualitas yang terjamin dan terpercaya. Setelah mengetahui bagaimana cara memilih bola yang tepat supaya dapat mendukung pertandingan voli Anda dengan lancar, berikut cara merawat bola tersebut supaya awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dengan kualitas yang selalu terjaga, antara lain:

  • Usahakan untuk selalu membersihkan bola setelah Anda gunakan, baik dari air maupun lumpur yang menempel menggunakan sikat yang halus. Setelah itu, cukup angin-anginkan saja bola voli Anda dan jangan menjemurnya dibawah terik matahari langsung untuk menjaga kualitas kulit dan warna asli bola Anda supaya tidak pudar.
  • Akan lebih baik, jika Anda menyimpan bola voli Anda dengan cara digantung pada jaringnya. Karena meletakan bola di atas lantai dapat mempengaruhi tekanan udara yang terdapat di dalam bola dan membuat kualitasnya jadi menurun.

Itulah cara merawat bola voley paling benar yang bisa Anda jadikan referensi dan lakukan untuk menjaga kualitas bola tetap awet dan selalu memiliki performa yang terbaik saat digunakan dalam setiap pertandingan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *