Tips dalam Memilih Baju Futsal yang Nyaman Sesuai Kebutuhan

Kostum menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam setiap olahraga termasuk futsal. Saat bermain futsal pastinya akan mengeluarkan keringat yang banyak. Pemilihan baju futsal yang berkualitas bagus akan meningkatkan kenyamanan Anda sehingga permainan bisa terus berlanjut. Untuk itu, sebaiknya ikuti tips-tips berikut saat Anda akan membeli pakaian untuk futsal.

Tips dalam Memilih Baju Futsal yang Nyaman Sesuai Kebutuhan

  • Desain dan model

Desain baju futsal perlu disesuaikan dengan kebutuhan apakah untuk pribadi atau tim. Jika untuk pribadi, Anda bebas mendesain baju tersebut sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Tetapi jika memang untuk satu tim, pastinya desain yang dipilih disesuaikan dengan kesepakatan seluruh anggota futsal.

Saat ini sudah banyak referensi desain untuk para pemain futsal. Meskipun begitu, sebaiknya Anda mengembangkan desain sendiri agar menjadi ciri khas tersendiri. Pilih font huruf yang jarang ditemukan di pasaran. Anda dan anggota lain juga perlu membuat logo tim sebelum memutuskan untuk membeli baju seragam agar bisa diterapkan pada desain baju. Anda tidak perlu mengikuti desain tim futsal lain atau justru desain baju sepak bola. Kembangkan sendiri desain sesuai kreativitas. Pilih warna baju yang tidak pasaran dan enak dipandang.

Hindari model baju futsal yang ketat. Meskipun akan terlihat lebih macho saat dipakai terlebih jika Anda mempunyai tubuh yang atletis, model baju yang ketat akan mengganggu proses sirkulasi kelancaran peredaran darah saat Anda sedang bermain Futsal. Lagi pula, jika terlalu ketat berpotensi membatasi gerakan Anda.

  • Bahan

Mayoritas orang akan memilih bahan kaos yang menyerap keringat. Namun, ternyata hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan Anda. Karena, bahan yang menyerap keringat justru bisa membuat baju basah dan tidak mudah kering. Sehingga lebih direkomendasikan bahan yang mampu mengeluarkan keringat sehingga bisa lebih cepat kering. Anda bisa memilih salah satu dari bahan berikut:

  • Serena

Bahan ini umum dipakai untuk membuat kostum futsal. Selain harganya yang terjangkau, bahannya yang tipis membuat baju cepat kering setelah basah oleh keringat. Meskipun bahannya panas, tetapi justru mampu lebih cepat mengeluarkan keringat. Bahannya sendiri mudah disablon namun Anda tidak bisa memilih bahan ini jika ingin menambahkan bordir pada desain baju Anda karena bahan ini tidak dapat dibordir.

  • Paragon

Paragon lebih mahal daripada serena. Bahan ini banyak digemari karena warnanya enak dilihat dan lebih mengkilap sehingga terlihat keren. Selain bisa disablon, bahan ini juga bisa diaplikasikan bordir. Ketebalannya juga pasti di atas serena.

  • Dry-fit

Bahan yang lebih tebal ini direkomendasikan karena sering dipilih sebagai bahan pembuatan kaos sepak bola luar negeri. Bahannya memiliki pori-pori yang lebih besar sehingga tidak akan panas dipakai bermain futsal. Bahan ini lebih cepat kering dan dapat disablon maupun dibordir.

  • Harga  

Harga barang pasti berbanding dengan kualitasnya. Untuk itu, selalu waspada jika ada yang menawari Anda bahan kaos yang terlalu murah. Bahan yang murah biasanya mudah rusak dan kusam. Untuk menghindari kekecewaan, sebaiknya Anda memilih bahan dan desain atau justru sudah dalam bentuk baju di tempat yang memang khusus menjual bahan di toko spesialis pembuatan baju futsal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *