Tips Memilih Baju Futsal yang Nyaman

Futsal merupakan jenis olahraga sepak bola yang dimainkan di dalam ruangan yang mempertandingkan dua tim dengan masing-masing tim berisi lima pemain termasuk penjaga gawang. Futsal yang merupakan pengembangan dari sepak bola dan street football ini pada mulanya dimainkan untuk menyiasati terbatasnya fasilitas lapangan yang semakin langka di temukan, terutama di kota-kota besar. Tidak heran jika di awal-awal kemunculannya, futsal memang lebih banyak dimainkan oleh penggemar bola yang tinggal di kota besar. Namun pada perkembangannya, futsal semakin dikenal luas di masyarakat, dan mampu menyasar para penggemar bola hingga ke tingkat desa dan kampung sekalipun di lingkungan mereka terdapat lapangan yang luas. Lapangan futsal yang relatif lebih bersih, aman dari batu, dan tidak panas adalah alasan mengapa banyak orang lebih memilih memainkan sepak bola di dalam ruangan dibandingkan di luar ruangan. Salah satu aksesoris atau perlengkapan untuk bermain futsal adalah baju atau kaos futsal. Berikut ini akan dibahas tentang tips memilih baju futsal yang nyaman.

  • Bahan yang Mampu Menyerap Keringat dengan Baik

Karena futsal merupakan olahraga yang mampu merangsang keluarnya banyak keringat, maka memilih baju futsal yang bahannya mampu menyerap keringat dengan baik sangatlah disarankan. Keringat yang tidak diserap dengan baik justru akan menghambat laju pemain futsal ketika berlari. Apalagi, keringat yang jatuh ke lapangan justru akan membahayakan para pemain karena lapangan akan menjadi lebih licin dan potensi untuk terpeleset sangat besar. Pilihlah kaos futsal yang memiliki kemampuan maksimal dalam menyerap keringat. Saat ini, banyak sekali bahan kaos futsal yang diolah dengan teknologi termutakhir sehingga kemampuannya dalam menyerap keringat sangat maksimal.

Baca Juga: Tips Memilih Baju Futsal

  • Desain yang Dilengkapi dengan Pori-pori atau Ventilasi

Salah satu keluhan ketika bermain futsal adalah lapangan yang ruangannya panas, karena sirkulasi udara di lapangan tersebut kurang baik. Untuk mengatasi sirkulasi udara yang kurang baik, pilihlah kaos futsal yang desainnya dilengkapi dengan model pori-pori atau lubang-lubang ventilasi di bagian kedua sisi pinggang. Selain bermanfaat membantu kulit dalam bernafas, desain pori-pori atau ventilasi akan membantu mengeringkan keringat pemain futsal lebih cepat ketika sedang berada di dalam lapangan.

  • Pilih ukuran yang Pas

Pilihlah kaos futsal yang ukurannya pas, tidak ketat dan tidak pula kebesaran. Seringkali, pemain futsal cenderung mimilih baju futsal yang ketat atau press body untuk menonjolkan dadanya yang bidang atau untuk style. Padahal, kaos yang ketat tidak bagus untuk menunjang sirkulasi udara bagi pori-pori kulit. Sebaliknya, kaos futsal yang terlalu besar juga akan menghambat gerak pemain, sebab akan mudah ditarik oleh lawan dan akan membuat keringat yang terserap menjadi lebih berat. Maka langkah paling aman adalah memilih kaos futsal yang ukurannya benar-benar pas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *