Tips Memilih Baju Senam yang Nyaman Bagi Ibu Hamil

Seorang ibu yang sedang menjalani masa kehamilan, tentunya juga membutuhkan sebuah kegiatan olahraga yang dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu serta janin yang dikandungnya. Salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan oleh seorang ibu hamil adalah senam khusus yang diperuntukkan bagi ibu hamil. Meskipun terlihat sangat ringan untuk dilakukan, namun efek dari olahraga senam ini pun dapat menguras keringat mereka yang melakukannya. Untuk melakukan olahraga inipun tidaklah sembarangan, berbagai teknik serta perlengkapan khusus haruslah dipersiapkan oleh para ibu hamil yang akan menjalaninya. Salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan ketika menjalani olahraga ini adalah baju senam khusus untuk ibu hamil.

Meskipun terlihat seperti baju olahraga pada umumnya, namun bagi seorang ibu hamil mengenakan baju khusus untuk menjalankan olahraga senam ringan ini tetaplah harus dipenuhi. Selain untuk menjaga keamanan ibu dan janin yang dikandungnya dalam menjalankan olahraga senam ini, baju olahraga khusus untuk ibu hamil ini, juga dapat menjadi penentu kenyamanan bagi mereka dalam menjalankan olahraga ringan ini. Dengan pemilihan baju yang tepat, olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil, akan dapat memberikan manfaat yang lebih optimal.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu hamil dalam hal pemilihan baju senam yang tepat untuk mereka gunakan, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Tips Memilih Baju Senam Yang Nyaman

  • Dalam hal pemilihan celana khusus untuk ibu hamil, lebih disarankan bagi seorang ibu hamil untuk memilih celana khusus yang biasa disebut dengan maternity capris. Jika Anda kesulitan mendapatkan celana tersebut, alternatif lain yang dapat Anda gunakan adalah yoga pants, dimana celana khusus untuk yoga ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan celana olahraga ibu hamil, dengan model berkaret pada bagian depannya.
  • Bagi ibu hamil, juga lebih disarankan untuk memilih baju khusus senam dengan ukuran yang lebih longgar dan bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, mengingat suhu tubuh seorang ibu hamil, akan mengalami peningkatan selama melakukan aktivitas ini.

Selain ketentuan diatas, hal lain yang mempengaruhi kenyamanan seorang ibu hamil dalam melakukan aktivitas senam adalah pemakaian bra yang tepat sesuai dengan masa kehamilan mereka. Pemakaian spart bra dengan ukuran yang disesuaikan dengan bentuk dan besarnya payudara saat kehamilan, serta pemilihan starp atau tali bra lebar, akan membuat payudara tidak mudah terguncang, sehingga dapat memberikan kenyamanan yang lebih dalam aktivitas olahraga ibu hamil.

Pemilihan alas kaki pun juga akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam melakukan aktivitas senam kehamilan ini. Setelah mempersiapkan baju senam, serta bra yang tepat, sepatu menjadi prioritas selanjutnya yang juga harus Anda perhatikan. Apabila kaki Anda mengalami pembesaran pada saat masa kehamilan, sebaiknya pilihlah sepatu senam yang memiliki ukuran lebih besar, agar nantinya tidak membuat Anda kesakitan pada saat melakukan senam.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *