Tips Memilih Jersey Original

Salah satu cara seorang penggemar sepak bola dalam menunjukkan fanatisme dan rasa cinta terhadap klub sepak bola yang disukainya adalah dengan cara selalu membeli jersey klub kesayangannya tersebut di setiap musim kompetisi baru. Tidak sekadar membeli jersey paling anyar, jersey yang dibeli tersebut haruslah jersey original. Sebab dengan membeli jersey yang original, uang pembelian yang kita keluarkan akan masuk ke kantong klub sehingga sediki banyak suporter fanatik sebuah klub bisa ikut andil dalam membangun sebuah klub dengan cara membeli jersey terbaru yang original. Namun, tidak jarang seorang penggemar merasa kecewa jika jersey baru yang dibelinya ternyata adalah jersey palsu atau bahkan terjebak dengan tampilan jersey grade ori, yaitu jersey tiruan yang kualitasnya sangat super sehingga kemiripannya sangat persis. Agar tidak tertipu oleh munculnya jersey tiruan di pasaran, berikut ini adalah beberapa tips memilih jersey original terbaru :

  • Memperhatikan Bahannya

Jangan pernah terpaku pada kemiripan desain ketika memilih sebuah jersey terbaru untuk dibeli, sebab desain sebuah jersey bisa dibuat semirip mungkin dengan aslinya dengan teknologi digital printing. Dengan teknologi tersebut, sebuah jersey tiruan bisa sangat mirip dengan aslinya, sehingga calon pembeli sangat sulit menemukan letak kekeliruan desain, detail tulisan, hingga tulisan-tulisan yang lebih kecil seperti nama klub pada logo hingga pola dan motif jersey tersebut. Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan membeli jersey original adalah bahannya. Dalam memproduksi jersey tiruan, biasanya para produsen pembajak tersebut sangat detail dalam menjiplak desainnya, namun tidak bisa menyamai kualitas bahan jersey original. Bahan jersey original yang dirilis resmi sebuah apparel klub biasanya akan sangat lembut dan nyaman, teksturnya halus dan bahannya dasarnya lebih tebal dibandingkan dengan jersey tiruan.

Baca Juga: Membedakan Jersey Original dan KW

  • Memperhatikan Detail Jahitan

Jika sulit membedakan bahan jersey original, cara yang lebih mudah adalah dengan memperhatikan detail jahitan. Detail desain yang berbentuk tulisan dan gampar mungkin sangat mudah ditiru, namun detail jahitan jersey yang asli akan sulit ditiru oleh produsen pemalsu yang biasanya mencetak jersey tiruan secara massal. Untuk melihat detail jahitan, lihatlah sisi dalam jersey yang akan dibeli, dan perhatikan detail jahitannya. Jika tidak rapi dan miring, keaslian jersey tersebut perlu dipertanyakan.

  • Melihat Stiker atau Jahitan Barcode

Setiap jersey berharga mahal pasti difasilitasi dengan barcode, yaitu semacam stiker atau jahitan bordir yang biasanya diletakkan di sisi pinggang jersey. Di barcode tersebut biasanya pembeli dapat mengetahui jersey tersebut diproduksi di mana. Biasanya, jersey terbaru yang original akan diproduksi di kota asal penyedia apparel tersebut. Dan rata-rata klub yang bermarkas di Eropa jarang bekerja sama dengan produsen apparel asal Asia. Sehingga jika jersey yang akan dibeli diproduksi di Asia, maka bisa dipastikan jersey tersebut tidak original.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *