Tips Memilih Matras Yoga

Salah satu olahraga yang saat ini tengah menjadi tren adalah Yoga, banyak kelas-kelas Yoga bermunculan, meski begitu untuk melakukan olahraga Yoga tidak harus dengan mengikuti kelas Yoga, akan tetapi bisa juga melakukan Yoga sendiri di rumah dengan menggunakan alas berupa matras yoga. Apabila ingin membeli matras untuk Yoga pun tidak bisa sembarangan, dan berikut ini adalah panduan yang bisa diikuti:

  1. Tidak Licin

Matras yoga yang baik dan nyaman adalah yang memiliki permukaan kesat atau tidak licin, untuk menguji kondisi matras bisa dengan melakukan gerakan dasar yaitu downward dog. Akan tetapi, saat ini tak sedikit matras untuk yoga yang memang memiliki permukaan licin. Namun tak perlu khawatir, untuk mengakalinya bisa dengan menaburkan bubuk kapur di atas matras baru tersebut.  

  1. Cukup Empuk

Untuk para pemula yang baru belajar berolahraga yoga, sebaiknya memilih matras yang empuk. Matras dengan tekstur empuk secara tidak langsung akan membangun serta memperkuat sendi secara bertahap, selain itu juga untuk menghindari terjadinya cidera ketika melakukan yoga.

  1. Kekuatan Busa

Pilih matras dengan busa tipis atau yang tidak terlalu tebal, karena matras tebal tidak cocok untuk yoga, dan hanya cocok untuk gym serta tidur siang.

  1. Bahan Matras

Pilih matras dengan bahan yang berkualitas serta tidak memiiliki kandungan racun. Sekarang ini banyak matras untuk yoga yang mengandung zat plastik beracun berkarsinogen PVC yang bisa menjadi pemicu penyakit kanker. Oleh karena itu, saat memilih matras untuk yoga, pilih matras yang bebas PVC. Matras jenis ini memang agak susah ditemukan, oleh karena itu bisa juga memakai matras dengan bahan alami seperti matras berbahan karet.

  1. Ringan

Matras dengan tekstur empuk memang penting, akan tetapi jangan pilih yang berbobot berat, apalagi jika ingin yoga sepulang kerja, tentunya akan melelahkan jika membawa matras berat. Sebaiknya pilih matras yang ringan dan tidak terlalu berat, paling tidak gunakan matras dengan bobot 1,5 kilogram saja.

  1. Jangan Khawatir Harga

Barang yang berkualitas, tentunya memiliki harga yang mahal sesuai dengan barang tersebut. Pilih matras yang berkualitas dengan harga yang sesuai, bukan berarti harus membeli matras berharga sangat mahal karena itu juga bisa menguras kantong. Jangan pula membeli matras yang terlalu murah, karena ini bisa membuat matras cepat rusak karena matras dengan harga murah biasanya memiliki kualitas rendah, tipis, juga rapuh.

  1. Pilih Matras yang Menyenangkan

Pilih matras yang menyenangkan atau sesuai dengan karakter kepribadian diri, saat ini banyak matras untuk yoga dengan pilihan warna serta motif yang ceria dan beraneka ragam. Tak ada salahnya untuk memilih salah satu matras tersebut untuk beryoga.

 Itulah beberapa tips yang bisa diikuti ketika ingin membeli matras yoga agar olahraga yoga bisa lebih menyenangkan dan juga menyehatkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *