Tips Memilih Sepatu Futsal untuk Hobby

Futsal merupakan salah satu olahraga yang popularitasnya meningkat dengan pesat dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Peminat olahraga futsal terus bertambah, dan perkembangan olahraga ini di kancah lokal cukup menjanjikan, mulai dari digelarnya berbagai kompetisi antar klub futsal tingkat nasional, hingga dibentuknya tim nasional futsal yang mengikuti berbagai kejuaraan internasional. Meski usia permainan ini tergolong baru, olahraga ini begitu cepat berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat sebab relatif lebih simpel dibandingkan olahraga lainnya. Olahraga ini cukup ramah dimainkan oleh orang dengan beragam usia, beragam pekerjaan atau profesi, bahkan hingga beragam postur tubuh. Luas lapangan futsal yang lebih kecil dibandingkan dengan olahraga jenis tim lainnya, membuat semua orang merasa bisa memainkan olahraga ini. Salah satu peralatan yang penting digunakan ketika bermain futsal adalah sepatu. Berikut ini akan dibahas mengenai tips memilih sepatu futsal untuk hobby.

Memilih sepatu futsal untuk sekadar hobby, tentu triknya berbeda dengan ketika akan memilih sepatu untuk digunakan di kompetisi atau turnamen dan sepatu yang akan digunakan oleh pemain profesional. Ketika menjalankan futsal sebagai hobby, biasanya sepatu futsal rata-rata cenderung akan digunakan seminggu sekali saja, atau bahkan dalam sebulan hanya digunakan untuk bermain futsal tidak lebih dari sepuluh kali. Oleh sebab itu, pertimbangan ketika akan memilih sepatu untuk dijadikan hobby tentu berbeda dengan sepatu untuk bermain futsal secara reguler.

  1. Pilih Sepatu yang Harganya Standar

Salah satu pertimbangan ketika memilih sepatu olahraga adalah harganya. Harga akan menentukan kualitas. Jika bermain futsal hanya dilakukan sesekali, pilihlah sepatu yang harganya standar, yaitu tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Patokannya, harga sepatu yang standar dan kualitasnya bagus harganya sekitar Rp. 150.000-300.000-an. Sebaiknya, pilih sepatu yang diproduksi oleh merk terkemuka namun kategorinya down grade, bukan yang kualitas super yang harganya di atas satu jutaan.

  1. Perhatikan Detail Sepatu

Ketika memilih sepatu, selalu usahakan untuk memperhatikan setiap detailnya, mulai dari jahitan, bagian sol, hingga kualitas pengeleman. Pilihlah sepatu yang lemnya sangat kuat, tidak mudah lepas lemnya, dan bagian antara sol dan punggung sepatu tersambung dengan rapi dan kuat.

  1. Perhatikan Bahan Punggung Sepatu

Setiap bagian sepatu olahraga memang penting untuk diperhatikan. Tetapi ketika akan digunakan untuk bermain futsal, bagian yang perlu diperhatikan adalah punggung sepatu, yaitu bagian atas sepatu yang biasanya difasilitasi dengan tali. Perhatikan bahannya, apakah mudah mengelupas atau tidak. Kalau perlu, ketika sedang mengecek sebuah sepatu futsal di toko olahraga, cobalah untuk mengelupas atau menggores bagian punggung sepatu tersebut dengan kuku. Jika sobek atau mudah tergores, sebaiknya sepatu itu jangan dibeli, sebab tidak akan awet. Pilihlah sepatu yang anti gores dan tidak mudah mengelupas ketika digores, sebab sepatu akan sering digunakan untuk menendang bola.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *