Home Tips dan Trik Tips Memilih Sepatu Futsal yang Nyaman Saat Dipakai

Tips Memilih Sepatu Futsal yang Nyaman Saat Dipakai

by Chloe Hughes

Olahraga futsal adalah jenis olahraga permainan yang saat ini banyak digandrungi baik oleh remaja maupun orang dewasa. Olahraga ini dilakukan di arena indoor dengan tehnik permainan yang hampir mirip olahraga permainan sepakbola yang dilakukan di lapangan. Futsal yang juga menggunakan tehnik berlari dan menendang bola juga memerlukan sepatu khusus seperti pada sepakbola. Sepatu futsal dirancang untuk digunakan di lapangan sintetis sehingga serupa namun berbeda terutama di bagian alas sepatu. Bagi Anda yang gemar melakukan olahraga futsal dan ingin membeli sepatu untuk futsal, maka berikut ini adalah tips untuk Anda.

Sepatu untuk futsal memiliki perbedaan dengan sepatu bola meski sama-sama memiliki alas yang mirip. Pada sepatu bole terdapat pul karena sepatu bole digunakan di atas tanah di lapangan luar. Pul berguna untuk menancapkan alas sepatu di tanah. Pada sepatu bole terdapat 6 buah pul. Sedangkan pada sepatu untuk arena indoor yaitu futsal, sepatu tidak memiliki pul. Sepatu untuk futsal hanya memiliki alas yang bergerigi untuk membantu pengereman kaki di rumput sintetik. Jadi jangan salah memilih sepatu untuk futsal dengan sepatu bola.

Tips memilih sepatu futsal berikutnya adalah memastikan sepatu tersebut sesuai dengan kenyamanan kaki Anda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Memilih ukuran sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda.
  • Memilih model yang sesuai apakah dengan bagian atas melebihi mata kaki atau dibawahnya.
  • Memilih jenis sepatu bertali ataukah jenis sepatu langsung pakai.
  • Memilih sepatu berwarna terang ataukah gelap sesuai dengan warna kulit.

Memilih sepatu yang digunakan untuk berolahraga terutama futsal sangat disesuaikan dengan kenyamanan pada saat permainan karena akan digunakan untuk permainan. Kenyamanan bersepatu bisa mempengaruhi performa permainan karena Anda akan merasa kesulitan bermain ketika menggunakan sepatu yang tidak nyaman. Oleh karena itu sebelum membelinya ada baiknya mencoba menggunakan kedua sepatu untuk berlari, melompat, dan menendang. Design dan warna juga perlu diperhatikan karena bisa meningkatkan percaya diri bagi si pemakai. Pilihlah sepatu dengan sol dari karet yang empuk selain untuk menambah kenyamanan juga untuk membantu keawetan sepatu itu sendiri.

Itulah tips dalam memilih sepatu futsal yang nyaman agar dapat Anda gunakan untuk menambah performa saat bermain. Dengan sepatu yang pas ukuran kaki sehingga tidak mengakibatkan sakit maka permainan yang Anda hasilkan juga dapat maksimal. Jagalah kebersihan sepatu terutama saat setelah menggunakannya agar tidak ditumbuhi bakteri akibat keringat yang menempel. Jangan simpan kaos kaki di dalam sepatu jika kotor. Berikan kertas bersih ke dalam lubang sepatu kemudian simpan di dalam box sepatu apabila Anda tidak akan menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

 

 

 

Baca Juga:   Tips dan Trik Memilih Jersey Original

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More